Minggu, 22 September 2019

Kupas Persoalan Kepemudaan, OKP dan KNPI Jakbar Kunker di Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Kunjungan Kerja (Kunker) Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta Barat (Jakbar) di Kota Manado Selasa (25/11), disambut Ketua GM FKPPI Sulut Dr Harley Mangindaan beserta Ketua KNPI Manado dan jajaran, GAMKI, Ketua Ikatan Nyong Nona Manado, Ketua HMI, GM FKPPI Manado, Paskibraka Manado dan Ketua Pemuda Adven Manado.

Menariknya, pada pertemuan tersebut para OKP-KNPI mengupas terkait persoalan dalam kegiatan kepemudaan. Baik dalam mengawal lingkungan, masukan dan kritikan pada pemerintahan, kegiatan sosial kemasyarakatan dan sinergi OKP-KNPI dengan pemerintah mulai pusat hingga di daerah.

Ketua KNPI Jakbar Muhamad Hasan mengatakan, kegiatan KNPI yang didalamnya ada ada OKP Jakbar, telah menjadi sesuatu yang rutin dalam kunjungan kerja ke daerah-derah di Indonesia. Pasalnya, dengan adanya silahturahim banyak yang bisa menjadi inspirasi, masukan untuk kepemudaan di Jakbar. “Kita sendiri telah melakukan hubungan baik dengan CSR dalam kegiatan kemasyarakat dan lingkungan. Artinya kepemudaan kita bisa berbuat untuk Jakbar sendiri. Khususnya penanaman mangrove,” ungkapnya.

Namun disatu sisi KNPI Manado sendiri menyatakan, dalam kegiatan KNPI benar-benar dilakukan atas inisiatif KNPI. Lebih kedepankan kemandirian tanpa harus meminta-minta ke pihak lain. “Buktinya kami telah membangun koperasi yang tujuannya untuk berdayakan pemuda yang ada di wilayah Manado. Begitu juga persoalan kriminalitas yang sempat terjadi di wilayah Manado dengan pelaku pemuda, KNPI juga ikut libatkan diri untuk turun melakukan sosialisasi ke siswa sekolah,” terang Ketua KNPI Manado Jeferson Petonengan SH MH.

Hasan menanggapi serta merasa bangga dengan prestasi Manado. “Peran OKP dan KNPI Manado sangat terlihat karena selang berada di kota Manado, tampak KNPI dan OKP bisa bersinergi dengan pemerintah. Kami juga akui kalah dengan Manado karena Adipura Manado terus dapat sementara kami hilang dua kali,” terangnya sembari berharap makin maju pemuda Inbdonesia, kerjasama Jakbar dan manado akan terus berlanjut.

Ketua GM FKPPI Sulut yang juga Wawali Manado menyatakan, kunker OKP-KNPI Jakbar dan Dispora Jakbar, Manado terus terang mnendapat wawasaan yang baik, intropeksi kedepan untuk OKP-KNPI Manado.

“Saya harapkan, bersinergi dengan Pemkot. Saya tangkap indikator kepemudaan yang penting komunikasi. Saya ajak KNPI OKP Manado bergandengan tangan berjuang untuk bangun Manado. Apalagi melihat misi dan visi utama OKP dan KNPI Jakbar turun ke daerah secara rutin itu menjadi bagian introspeksi pemerintah merangkul kepemudaan di kota Manado,” ungkap Wawali.

HMI sendiri meminta dalam proses pembangunan didaerah harus libatkan kepemudaan. “Jadi subyek bukan obyek. Libatkan pemuda dalam penyusunan APBD agar tidak ada aspirasi melalui turun ke jalan,” kunci Perwakilan HMI Sulut Gorontalo.(*/ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*