Minggu, 22 September 2019

7 Cabang Diknas di Boltim Tahun 2015 Berubah Status Menjadi UPTD

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Tahun depan tujuh instansi Dinas Pendidikan (Dispen) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dipastikan berubah status menjadi Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD). Demikian dikatakan langsung oleh Sekretaris Dispen Safrudin Mokoagow kepada manadoterkini.com hari ini Selasa (25/11). “Sejumlah Instansi dibawah naungan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Boltim, seperti Kantor Cabang Dinas serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) akan dirubah statusnya menjadi UPTD di Tahun 2015 mendatang,” kata Mokoagow.

Dirinya menjelaskan, meski masih tetap berada dibawah koordinasi Diknas Boltim. Namun setiap UPTD tersebut sudah berhak melaksanakan program dan kegiatan sesuai perencanaan yang dibuat, termasuk belanja pegawainya. Sehingga menurutnya, anggaran yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daearah (APBD) mereka akan programkan dan laksanakan sendiri. “Jadi tak lagi bergantung di Dinas Pendidikan. Dan, setiap anggaran operasional disetiap UPTD yang sudah di rencanakan atau di programkan, harus dipertangggung-jawabkan oleh mereka juga,” jelasnya.

Adapun Instansi yang akan dirubah statusnya yakni, Cabang Dinas Pendidikan Modayag Barat, Modayag, Nuangan, Tutuyan, Kotabunan, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Modayag, dan SKB Tutuyan.

Sementara itu, terkait dengan taksiran anggaran yang akan dialokasikan untuk perubahan status sejumlah instansi tersebut, diakuinya belum dapat dipastikan.”Belum diketahui berapa kisaran dan APBD yang akan dialokasikan untuk ketujuh institusi tersebut. Namun, dipastikan mereka akan mandiri di 2015 nanti,” pungkas Mokoagow.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*