Selasa, 17 September 2019

Minahasa Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia di Sulut

TONDANO, (manadoterkini.com) – Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Sulut dipusatkan di Minahasa pada Selasa (25/11) di Wale Ne Tou Tondano, Sasaran, Tondano.

Kepala Badan Ketahanan pangan Sulut Sandra Moniaga mengatakan bahwa tujuan Hari Pangan Sedunia untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat bersama stakeholders tentang pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. “Diharapkan agar dapat menghasilkan sumber daya lokal dalam rangka diservasi pangan,”katanya.

Digelar pula lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal yang diikuti 15 Kab/Kota se-Sulut.

Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pangan merupakan hal yang paling mendasar dalam kelangsungan hidup manusia. Menjadi kewajiban pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan pangan demi kesejahteraan masyarakat.

Kondisi pangan di Minahasa menunjukkan perkembangan yang cukup baik ketersediaan stok beras lokal sampai dengan oktober 2014 surplus sebesar 1.374,5 ton. Disisi lain kebutuhan cabe sangat tinggi yang dapat mempengaruhi inflasi daerah. Maka sejak bulan februari telah dilaksanakan kerjasama dengan BI dalam menunjang minahasa sebagai Kabupaten Cabe.

Gubernur Sulut diwakili Asisten II menegaskan bahwa momentum ini harus menjadi pendorong bagi pemerintah dan masyarakat untuk menjaga ketersediaan pangan dan belajar untuk gerakan 1 kali tanpa nasi dalam 1 minggu

Acara yang dihadiri Gubernur Sulut diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Sanny Patengkuan MAP, Forkopimda Sulut, Bupati Minahsa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh, Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulut Ir Sandra Moniaga MSi, para jajaran Pemkab Minahasa, para Kelompok Tani dan Nelayan se- Sulut, TP PKK Kecamatan dan Kelompok P2KP se-Minahasa.(Chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*