Rabu, 18 September 2019

Harga Semen Naik dan Susah Didapat, Warga Minta DPRD Sulut Hearing Agen

MANADO, (manadoterkini.com) – Semen di Kota Manado beberapa hari ini sudah sulit didapatkan, dan kalaupun ada penjual di toko bangunan menaikkan harganya

Sejumlah warga Karombasan kepada manadoterkini.com mengeluh akan sulitnya mendapatkan semen dan kalaupun ada harganya mahal.”Iya, tadi mau membeli semen tapi di toko sudah habis, kata penjaga sudah habis dan sementara menunggu pasokan dari Bitung”. Ujar John.

Hal yang sama juga dikatakan Alex, dia mengatakan selain susah dicari dan harganya mahal membuat pekerjaan dirumahnya terganggu, “Pekerjaan dirumah dihentikan karena kehabisan semen, saya berharap pasokan semen normal kembali,” ujarnya.

Sementara itu Chrestian Mongkareng, SH kepada manadoterkini.com mengatakan bahwa Instansi terkait harus melakukan pengawasan akan kelangkaan semen bahkanpun memantau pergerakan kenaikan harganya, “Disperindag Sulawesi Utara harus melakukan operasi pasar melihat langsung keadaan kelangkaan semen, apalagi harga semen mengalami kenaikan. Ujarnya.

Selain itu Mongkareng juga mendesak Komisi II DPRD Sulut yang membidangi Perekonomian untuk memanggil Hearing Agen ataupun supllier termasuk instansi terkait untuk melihat penyebab kelangkaan Semen ini, “Kan Komisi II ini bagian perekonomian, harus mengawasi dong pergerakan harga dipasaran bersama instansi terkait yakni pihak eksekutif, harga semen harganya meroket itupun kalau masyarakat bisa dapatkan, harus dipanggil Hearing jangan sampai Agen menampung semen karena agen melihat banyak pembangunan diakhir tahun untuk diselesaikan sehingga membutuhkan semen walaupun harganya mahal” ujarnya.

Ditambahkan Mongkareng bahwa dengan kelangkaan semen dan harganya naik akan menghambat pembangunan di daerah, “kalau semen langka pasti pembangunan didaerah akan terhambat. lihat saja sekarang banyak pembangunan baik instansi dan swasta dikebut pekerjaanya supaya bisa selesai desember, tapi dengan susahnya dicari pasti akan menghambat”. Tutupnya.

Pantauan manadoterkini.com di toko bahan bangunan di Karombasan, menurut penjual semen habis “semen habis, masih menunggu pasokan masuk. Kalaupun ada kemarin dijual Rp. 62.500″ ujar penjaga di toko Aneka Jaya. Sementara itu ditoko bahan bangunan lainnya harga semen dijual sampai dengan harga Rp. 72.000 sampai Rp. 75.000 Padahal harga normalnya sekitar Rp 56.000 – Rp. 60.000 per sak. (Chris/Tim)

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*