Senin, 16 September 2019

Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah

TONDANO, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi membuka pelaksanaan Sosialisasi Kebijakan Pengolahan Persampahan di Kabupaten Minahasa yang digelar oleh Bagian Sumber Daya Alam Setdakab Minahasa pada Kamis, (27/12/2014) di Ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano.

Dalam sambutannya, Sekdakab Jeffry Korengkeng mengatakan bahwa pada sifatnya sampah terbagi menjadi sampah organik dan sampah non organik. Pengolahan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, pendauran ulang, atau pembuangan dari material sampah, sedangkan untuk mengurangi timbunan sampah dapat dilakukan 3R (Reduce, Reuse dan Ricycle).

Diharapkan Korengkeng agar dengan terselenggara sosialisasi ini, pengelolan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan menjadi tanggung jawab kita semua selaku pemerintah dan warga masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Minahasa yang bersih, nyaman dan sehat.

Ditambahkan Sekda bahwa perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan persampahan dapat lebih berkelanjutan, juga di dukung penyediaan sarana dan prasarana pengolahan persampahan, penyusunan kebijakan manajemen pengolahan persampahan, sosialisasi kebijakan pengelolaan persampahan, serta peningkatan operasi dan pemeliharaan, oleh karena itu, marilah mulai detik ini juga membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Sekda meminta kepada para perangkat kecamatan dan kelurahan untuk mengaktifkan lagi kebersihan di Wilayah masing-masing di Kabupaten Minahasa dan lebih memperhatikan lagi masalah sampah yang ada di wilayah.Juga bagi para pemilik karamba/Jaring Apung di sekitaran Danau Tondano akan di tata kembali sehingga tidak menggangu lingkungan dan lebih memperhatikan kebersihan danau Tondano.

Sementara Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setdakab Minahasa Drs Denny Waworuntu di dampingi Kasubbag Kemaritiman Karia Regoh SSos, Kasubag Agribisnis Melisa Rondonuwu SP dan Kasubag SDM Ellen Kountul SE MSi bahwa pemateri kegiatan ini yaitu Kabid di Badan Lingkungan Hidup Minahasa Feibe Karisoh SP MSi tentang Pengelohan Sampah dan Kabid di Dinas Pasar dan Kebersihan Minahasa Marthen Weku tentang Kebijakan pengelolaan Sampah. (chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*