Senin, 16 September 2019

Tompaso Baru Layak Dibangun PLTA

TOMPASOBARU, (manadoterkini.com) – Kecamatan Tompaso Baru yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), memiliki potensi untuk dibangun proyek PLTA. Ini tidak lepas dari adanya dua sungai besar yaitu Sungai Sukuyon dan Liandok yang debit airnya lebih besar dibanding dengan Sungai Poigar yang saat ini telah dibangun PLTA dengan kekuatan 2 x 30 MW. Hal ini disampaikan salah satu tokoh masyakat Tompaso Noldy Mawey.

Menurut mantan anggota Dekab Minsel periode 2009-2014, masyarakat Tompaso Baru berharap Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, bisa mencarikan investor untuk membangun PLTA di Tompaso Baru. “Saya yakin bila kedepan PLTA dibangun, krisis listrik yang sering terjadi di Sulut bisa diatasi,” ujar Mawey.

Sementara itu, Camat Tompasobaru, Hendri Palit SH, mengungkapkan bila ada investor yang ingin menanamkan sahamnya di Minsel terlebih di Tompaso Baru, mungkin bisa dengan cara Multiproyek. Dimana selain membangun PLTA, juga bisa membangun irigasi, sarana air minum dan pariwisata, dari potensi yang dimiliki Sungai Sukuyon dan Sungai Liandok.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*