Rabu, 18 September 2019

Program UC Pemkot Manado Tuai Pujian

dr Rampengan : Pemkot Manado Patut Diberi Penghargaan

MANADO, (manadoterkini.com) – Aksi kemanusiaan seputar pelayanan kesehatan secara gratis yakni, program Universal Coverage (UC), serta pelayanan tanggap darurat secara cepat dan tepat atau Call Centre 118 yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menuai tanggapan positif dari sejumlah kalangan masyarakat dan menilai, terobosan Walikota Manado, DR G.S Vicky Lumentut sangat luar biasa dan patut mendapat penghargaan yang bisa masuk Museum Record Indonesia (MURI). Pemerhati Kesehatan Kota Manado, dr Reyne Rampengan SpBd mengatakan, sejumlah program unggulan yang dilakukan Pemkot Manado khususnya dalam masalah kesehatan masyarakat, sangat dirasakan masyarakat. “Sangat luar biasa apa yang telah dilakukan Pemkot Manado. Dari laporan yang ada, hingga akhir tahun 2014 ini, sudah banyak atau telah mencapai 2000-an warga Manado menikmati fasilitas dari program UC,” ujar Reyne.

Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Sulut ini juga mengatakan, dibawah kepemimpinan Wali Kota Lumentut, sudah banyak yang dinikmati masyarakat. “Program UC terlihat jelas, bahwa banyak warga yang sangat bergantung dari aksi sosial UC, karena secara langsung, membantu perekonomian warga itu sendiri,” terang Reyne.

Ditambahkannya, bahwa bukan hanya berobat biasa ke puskesmas atau rumah sakit, hingga proses operasi dan sakit kronis sekalipun di tanggung Pemkot Manado alias gratis hanya memperlihatkan KTP. “Ini suatu program yang luar biasa diberikan Pemkot Manado ke warganya. Tak heran, kedepan Pemkot Manado atau Wali Kota Lumentut bisa diberi penghargaan di bidang kesehatan. Kalau bisa sekaligus dengan masuk MURI, karena diketahui menjadi kota atau kabupaten pertama di Indonesia yang berani dan mampu melayani kesehatan secara gratis,” jelas mantan Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat ini. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*