Minggu, 22 September 2019

Realisasi Dana PNPM-MP di Boltim Dikeluhkan Warga

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Realisasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun 2014 di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), belakangan ini sering mendapat keluhan dari masyarakat. Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Drs Rusdi Gumalangit kepada manadoterkini belum lama ini.

Ia mengaku, ada beberapa laporan warga bahwa disalah satu Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan, semena-mena merealisasikan dana PNPM-MP tidak sesuai aturan, tanpa sepengetahuan atau melibatkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang ada di Desa. “Ini pertanda kinerja Fasilitator Kecamatan (FK) dan UPK patut dipertanyakan. Kami sudah dapat laporan, ada yang tidak beres dengan pengelolaan dana PNPM-MP. Tapi ini disalah satu UPK Kecamatan saja,” ungkapnya.

Sebab itu, Dia menegaskan, pihak BPMD bersama inspektorat akan turun langsung ke semua UPK Kecamatan sampai TPK di desa, guna melakukan pemeriksaan fisik maupun administrasi keuangan. Bahkan, kata dia, pihaknya juga akan meminta inspektorat melakukan audit secara rinci, pengelolaan keuangan dimasing-masing UPK. “Kami sebagai Satuan kerja PNPM-MP di Boltim berkewajiban menindak-lanjuti semua keluhan masyarakat. Jika ada temuan atau penyelewengan dana, maka kami terpaksa libatkan pihak kepolisian selaku pengawas kegiatan ini agar melakukan penyelidikan,” tandasnya.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*