Selasa, 31 Maret 2020

Discapilduk Minahasa Tetap Laksanakan Perekaman e-KTP

TONDANO, (manadoterkini.com) – Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Minahasa tetap melakukan perekaman e-KTP walaupun ada moratorium dari Kementerian Dalam Negeri terkait masalah percetakan e-KTP.

Kepala Dinas dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Drs. Riviva Maringka, M.Si kepada manadoterkini.com, Senin (01/12) diruang kerjanya mengatakan bahwa saat ini untuk perekaman e-KTP di Minahasa berjalan seperti biasa. “Jadi perekaman e-KTP tetap dijalankan, karena moratorium hanya berlaku untuk pencetakannya. Jadi untuk perekaman tidak masalah nanti kalau sudah dicabut moratorium percetakan e-KTP nanti yang sudah merekam langsung di cetak dan didistribusikan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi karena belum dicetaknya e-KTP maka Kemendagri menginstruksikan seluruh dinas capil tetap menerbitkan KTP model SIAK dengan menggunakan NIK Nasional, Untuk merekam e-KTP akan diberikan surat keterangan sudah merekam e-KTP.

Ditambahkan Maringka bahwa sebenarnya Moratorium percetakan e-KTP sebenarnya untuk memperbaharui informasi dan teknologi yang berkembang. “Ini dalam rangka penyempurnaan sistem, alasan penyempurnaan yakni terkait Hardware untuk menyediakan perangkat informasi terkini. Selanjutnya Software harus mengikuti perkembangan teknologi karena jika tidak pasti akan berpengaruh pada keamanan dan operasioanal. Makanya, semua harus diupdate. Dan terakhir Brainware yakni penyesuaian keahlian,” ujarnya.

Karena itu Maringka berharap warga Minahasa jangan takut dengan Moratorium, karena yang dimoratorium percetakkan bukan pada perekaman. “Yang ingin datang disilahkan kepada mereka yang berumur 17 Tahun atau yang sudah memenuhi syarat untuk memilik KTP,”pungkasnya. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*