Kamis, 9 April 2020

2015 Tetty Targetkan Produksi Beras di Minsel Surplus

Rp 3,7 M, Untuk 12 Irigasi dan Bendungan

amurang

Bupati Tetty Paruntu SE

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, benar-benar menunjukan perhatian tersendiri bagi para petani di Kabupaten Minsel. Seperti halnya petani sawah. Pasalnya, tahun anggaran 2015 Pemkab Minsel dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum berencana memperbaiki 12 irigasi yang tersebar di 5 kecamatan dan juga satu bendungan yang ada di Kecamatan Sinonsayang. Tidak tanggung-tanggung anggaran yang disediakan mencapai Rp 3,7 miliar.

Menurut Kadis Pekerjaan Umum Jootje Tuerah ST, melalui Kabid SDA Verry Lumintang ST, perbaikan sejumlah irigasi dan juga bendungan tidak lain merupakan instruksi Bupati, agar para petani tidak lagi kesulitan dalam mengairi sawah, saat musim kemarau dan juga dalam rangka peningkatan produksi beras di Minsel. “Bila dibanding beberapa tahun lalu, pada 2015, pembangunan irigasi lebih banyak mendapat perhatian,” ujar Lumintang.

Terpisah Kadis Pertanian dan Peternakan Minsel Ir Decky Keintjem mengungkapkan dengan diperbaikinya 12 irigasi dan satu bendungan, dirinya optimis produksi beras bisa surplus hingga 20 ton. “Mungkin diketahui, pada 2013 dan 2014, produksi beras sudah mampu mencukupi kebutuhan penduduk Minsel, bahkan surplus hingga 15 ton,”ungkap Keintjem.(dav)

 

Grafis 12 Irigasi dan Bendungan yang Akan Mendapat Perhatian :

· BENDUNGAN

1. Kecamatan Sinonsayang

- Bendungan Pinsan Dua

· IRIGASI

1. Kecamatan Sinonsayang

- Irigasi Poteteh

- Irigasi Pinsan

- Irigasi Motondong

- Irigasi Makakilu

2. Kecamatan Tenga

- Irigasi Tongop

3. Kecamatan Tompaso Baru

- Irigasi Kolibatulotung

4. Kecamatan Ranoyapo

- Irigasi Wungayow

- Irigasi Moyongboong

- Irigasi Pangian

- Irigasi Mopolo

5. Kecamatan Tumpaan

- Irigasi Ranotuana

- Irigasi Tangkunei

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*