Kamis, 9 April 2020

Warga Desa Bukaka Keluhkan kondisi Jalan Rusak

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Tujuh tahun sudah pemekaran jadi kabupaten baru, perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) ternyata masih jauh dari kata maksimal. Misalnya, ruas jalan yang menghubungkan Desa Bukaka di Kecamatan Kotabunan dengan beberapa wilayah terbilang masih buruk.

Sudah lebih puluhan tahun mobilitas ekonomi warga terhambat lantaran belum maksimalnya akses jalan penghubung. Padahal telah beberapa kali warga mengajukan permohonan pengaspalan jalan menuju desanya.

Hanun Paputungan, warga setempat mengatakan, sejak tahun 2011 kondisi jalan yang rusak tak kunjung diperbaiki. Dia mengeluhkan kondisi tersebut lantaran jalan selebar sekitar empat meter tersebut menjadi salah satu jalur vital menuju ibukota kecamatan, “Sebetulnya waktu itu sudah bagus, walaupun tidak dihotmix, tapi cukup layak. Tapi karena tak ada pemeliharaan, jalan cepat rusak,” ujarnya saat bersua dengan manadoterkini.com, Selasa (2/12).

Kondisi jalan rusak terlihat mulai dari lokasi tambang rakyat di Panang hingga menuju desa setempat. Jalan berbatu cukup menyulitkan laju kendaraan. Saat musim penghujan tiba, jalur tersebut menjadi licin dan berbahaya bagi warga.Begitu juga sebaliknya, bila kendaraan melintasi jalur dari Desa Buyat Barat.

Dasirin Potabuga warga Desa Bulawan, mengatakan, rusaknya jalan kotabunan bukaka disebabkan oleh alat besar jenis escavator milik dari salah satu kontraktor yang sedang mengerjakan bangunan Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Bukaka. “Jalan jadi rusak ini akibat alat besar yang sering melintasi jalan ini, untuk itu kami minta kepada pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas PU supaya menegur pihak kontraktor dan minta pihak ini supaya bertanggung jawab dengan rusaknya jalan,”pintanya.

Sangadi Bukaka, Najib Kobandaha menjelaskan, pengaspalan terakhir kali dilakukan sejak 2011 lalu. Dia tak menampik, jika sejumlah warga kerap melayangkan permohonan perbaikan jalan. “Ini kan statusnya masih jalan desa. Beberapa warga minta segera diperbaiki, maka kita harapkan pemerintah daerah dapat mempertimbangkan usulan ini,” katanya.

Perbaikan akses jalan ini, kata Najib, sangat ditunggu oleh warga. Warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani, sangat membutuhkan infrastruktur yang baik untuk mendorong laju ekonomi. “Katanya jika tidak tahun sekarang, pengerjaan ini akan masuk APBD murni. Informasinya jalan akan di hot mix,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minder Mawu saat di konfirmasi lewat telpon seluler namun tidak dalam keadaan aktif,begitu pula di SMS (Short Massage Service) tidak di balas.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*