Rabu, 1 April 2020

Harga Cabe Mahal, Pemkot Manado Cari Alternatif

MANADO, (manadoterkini.com) – Mahalnya harga cabe atau rica membuat Pemkot Manado putar otak untuk mencari solusi alternatif agar warga bisa menikmati kebutuhan cabe tersebut.

Hal ini dikatakan Kabag Perekonomian Setda Kota Manado Pingkan Sinjal SE MSI, kepada manadoterkini, Kamis (04/12).

Menurutnya, Pemkot Manado dengan difasilitasi Pemerintah Provinsi akan menyediakan bibit sedangkan yang menjalankan adalah Dinas Pertanian Kota Manado.

Sinjal mengakui distribusi dari sentra produksi menjadi pemicu mahalnya cabe. Untuk itu, Pemkot Manado akan mengambil langkah rumah pangan lestari.

“Salah satu penyebab mahalnya harga cabe di Manado karena distribusi dari sentra produksi seperti Gorontalo. Jadi tidak ada unsur sengaja mempermainkan harga. Apalagi melakukan penimbunan cabe. Apalagi cabe,”katanya.

Apalagi cabe tidak boleh disimpan lebih dari 5 jam.

Langkah konkrit yang lain dilakukan pemerintah Kota Manado adalah menggagas Rumah Pangan Lestari, yang bertujuan agar setiap warga masyarakat Kota Manado memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam Cabe, masing-masing ditanam dirumah. Kita juga bekerja sama dengan daerah lain untuk hal ini, nah dalam penyediaan bibit 2015 diperkirakan dilakukan Dinas Pertanian Kota Manado melalui kerja sama dengan pemerintah Provinsi Sulut,” ujar Sinjal. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*