Kamis, 9 April 2020

Tak Bayar THR, Perusahan di Minsel Terancam Sangsi Tegas

AMURANG, (manadoterkini.com) – Perusahaan atau usaha perorangan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan ( Minsel), bakal dikenakkan sanksi tegas jika mengabaikan hak karyawan seperti tunjangan hari raya atau THR.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Sosial tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Minsel, Drs Jeffry Prang kepada manadoterkini.com.

Menurut Prang, pemberian THR merupakan kewajiban perusahaan maupun usaha perorangan yang mempekerjakan karyawan yang hal tersebut diatur dalam UU Ketenagakerjaan. “Paling lambat, satu minggu sebelum hari raya (Natal), THR sudah harus diberikan kepada karyawan,” pungkasnya.

Lanjut Dia, saat ini pihaknya telah membuka layanan pengaduan bagi karyawan yang merasa hak mereka diabaikan perusahaan tempatnya bekerja. “Laporan yang masuk akan segera ditindaklanjuti, dan perusahaan yang melanggar aturan akan dikenakkan sanksi tegas,” tandas Prang.

Prang juga menambahkan, sebagaimana aturan masing-masing karyawan yang masa kerjanya di atas satu tahun, berhak menerima THR sebesar 1 bulan gaji. “Kalau masa kerjanya masih di bawah satu tahun, jumlah THR yang dibayar sebanyak 50 persen dari gaji per bulan,” jelasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*