Sabtu, 4 April 2020

Delapan Kelurahan di Bitung Terancam Tidak Akan Terima Bantuan Raskin

BITUNG, (manadoterkini.com)-Hingga saat ini, masih ada delapan kelurahan yang menunggak pembayaran jatah beras untuk warga miskin (raskin) triwulan III. Padahal sesuai jadwal, penyaluran saat ini sudah masuk triwulan terakhir tahun 2014. Adanya tunggakan pembayaran raskin ini dibenarkan Kabag Perekonomian Setda Bitung Andrias Tirayoh SE kepada manadoterkini.com, Sabtu (6/12) .

Dikatakannya, delapan kelurahan itu terdiri dari Kelurahan Sagerat Weru I dan Tendeki di Kecamatan Matuari, Kelurahan Pintukota, Gunung Woka dan Motto di Kecamatan Lembeh Utara, Kelurahan Bitung Barat I dan Bitung Tengah di Kecamatan Maesa, serta Kelurahan Winenet II di Kecamatan Aertembaga. “Rata-rata delapan kelurahan itu menunggak pembayaran 1,3 ton jatah raskin triwulan III,” katanya.

Sehingga Mantan Camat Ranowulu ini berharap tunggakan tersebut segera dibayarkan dalam waktu dekat oleh delapan kelurahan yang dimaksud. Jika tidak, maka akan ada resiko yang ditanggung. “Ini jadi tanggung jawab masing-masing kelurahan untuk melunasinya. Jika tidak, tahun depan harus terima jatah raskin mereka dikurangi,” tukasnya, sembari mengaku saat ini pihaknya fokus menggenjot penagihan tunggakan.

Ditambahkannya, salah satu penyebab utama adalah kualitas raskin triwulan III yang lebih rendah dibanding sebelum-sebelumnya. “Fakta ini kami dapatkan di lapangan dan berdasar keluhan para lurah. Masyarakat enggan mengambil jatah raskin triwulan III, sehingga berimbas pada realisasi pembayaran,” jelasnya.

Sementara itu, dari data yang diperoleh menyebutkan, total 67 ton raskin untuk delapan kelurahan yang menunggak, saat ini sudah siap disalurkan. Penyaluran segera jalan begitu tunggakan yang ada sudah dibayarkan.

Diketahui, untuk seluruh Kota Bitung total ada 10.798 Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima raskin. Setiap triwulan, ribuan RTS ini mendapat jatah raskin yang disalurkan pemerintah dengan harga Rp1.600 per kilogram. Penyaluran raskin ini merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan yang dijalankan pemerintah pusat.(tr1)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*