Kamis, 9 April 2020

Bupati Minsel Hadiri Sosialisasi Implementasi Akutansi Akrual dan Implikasi Opini LKPD Tahun 2015

manado

Tetty bersama Bupati dan Walikota

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, pada Senin (8/12) siang tadi, menghadiri acara Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Implikasinya terhadap Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2015, di Gedung Graha Gubernuran H.V. Worang.

Bupati sendiri didampingi Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Asisten III Drs James Tombokan, Kepala Inspektorat Minsel Adrie Keintjem SH, dan Kepala Dinas DPKPAD Minsel Denny Kaawoan SE.

Acara sosialisasi ini di hadiri juga oleh Kepala Perwakilan BPKP, Bupati/Walikota, Ketua DPRD kab/kota se-provinsi Sulut, Gorontalo dan Sulteng. Acara yang dibuka secara langsung oleh Anggota VI BPK-RI bapak Prof. Dr. Bahrullah.

Dalam acara ini dilaksanakan sosialisasi, antara lain Mendorong Akuntabilitas dan Transparansi Pemda dengan pembicara Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA. Dan dampak Penerapan Basis Akrual Atas LKPD, oleh Prof. Dr. Eddy Mulyadi Soepardi, Akt. CfrA., CA, (Anggota III BPK RI). Peranan Kemendagri sebagai Regulator dan Pembina Pemda dalam rangka Penerapan Akuntasi Berbasis Akrual dalam Penyusunan Anggaran dan LPKD oleh Drs. Hamdani, MM, M.Si, Ak, CA selaku Staf ahli menteri bidang Ekonomi Keuangan, Peran BPKP dalam Persiapan Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemda, oleh Dadang Kurnia Ak, MBA, CA selaku Deputi Kepala BPKP Bidang Pegawasan (Biwas) Penyelengaraan Keuangan Daerah dan Peran KSAP dalam Membantu Implemetasi Akuntansi Berbasis Akrual oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintah.

“Tujuan sosialisasi ini adalah untuk membentuk kesamaan pemahanan kepada DPRD dan Pemda akan penerapan Akuntasi Berbasis Akural, mengetahui kesiapan Pemda dalam rangka penerapan Akuntasi berbasis Akural, Kendala yang dialami Pemda dalam penerapan Akuntasi berbasis Akrual dan untuk mngetahui dampak penerapan Akuntasi berbasis Akrual terhadap opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah,”ujar Bupati Tetty.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*