Rabu, 1 April 2020

Antisipasi Kematian Bumil, Dinkes Ingatkan Lakukan Persalinan di Puskesmas Terdekat

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Dalam rangka meminimalisir angka kematian Ibu Hamil (Bumil), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus melakukan upaya pencegahan dengan meminta kepada para bumil untuk melakukan persalinan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Saran kepada Ibu-Ibu Hamil yang ada di Boltim demi keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan agar pada saat melahirkan bisa melakukan persalinan di Puskesmas terdekat,” Pinta Eko Rujadi Marsidi, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Boltim, Senin (08/12).

Dirinya menambahkan, hal ini disampaikan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Sebab, kematian bumil dalam usaha persalinan, diakuinya sudah pernah terjadi di Boltim akibat persalinan yang dilakukan dirumah.

“Makanya, kita saat ini terus melakukan sosialisasi dimasyarakat supaya Ibu Hamil harus melakukan persalinan di Puskesmas atau Poskesdes terdekat, agar dapat dibantu oleh petugas kesehatan melalui bidan dan perawat yang ada,” aku Marsidi.

Terkait dengan pentingnya persalinan dilakukan di Puskesmas. Dirinya menjelaskan,   bahwa selain pasien dapat dirawat dengan adanya pemberian Vaksin Tetanus Toxoid terlebih dahulu, juga lebih aman karena kemungkinan terjadi tetanus terhadap janin, dapat diantisipasi dengan pemberian vaksin tersebut.

“Perawatan di Puskesmas atau Poskesdes lebih aman terlebih sebelum persalinan dilakukan pasien akan diberikan vaksin terlebih dahulu guna melindungi janin dari tetanus neonatorum serta dapat mengantisipasi ibu hamil terhadap kemungkinan terjadi tetanus,”terangnya.(Ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*