Kamis, 9 April 2020

Perusahan di Manado Diingatkan Bayar THR

MANADO, (manadoterkini.com) – Kadisnaker Manado Atto Bulo menyatakan, berdasarkan PER.04/MEN/1994 ,setiap orang yang mempekerjakan orang lain dengan imbalan upah wajib membayar THR, entah itu berbentuk perusahaan, perorangan, yayasan atau perkumpulan. “PER.04/MEN/1994 pasal 2, pengusaha diwajibkan untuk memberi THR Keagamaan kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 (tiga) bulan atau lebih secara terus-menerus. Peraturan ini tidak membedakan status pekerja apakah telah menjadi karyawan tetap, karyawan kontrak atau karyawan paruh waktu,” jelas Bulo.

Sementara soal besaran THR diatur dalam pasal 3 ayat 1 PER.04/MEN/1994. “Kita sedang layangkan edaran ke setiap pelaku usaha yang ada di kota Manado terkait dengan pemberian THR menurut ketentuan wajib dibayarkan oleh pengusaha selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan. Pasti kita akan awasi hal itu karena tim juga turun,” kata Bulo.

Dilain pihak, Wakil Walikota Harley AB Mangindaan, mengingatkan perusahan di Kota Manado, untuk tidak membuat keresahan bagi pekerja atau kariawan menjelang Natal 25 Desember. “Saya mengimbau pembayaran THR tepat waktu sebab hari raya besar itu setahun sekali tentulah perusahaan harus juga memberikan yang terbaik bagi karyawannya supaya bisa menjaga silaturahmi dengan karyawan. Sebab kinerja sangat ditunjang dengan pemenuhan hak-hak karyawan,” ungkap Wawali.

Lanjutnya, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) telah telah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan sehingga para pelaku usaha wajib perhatikan pekerja. “Saya juga tidak segan-segan turun memantau kondisi pekerja. Saya sarankan laporkan pasti akan ditindaklanjuti, karena di Pemkot Manado sendiri ada Dinas Tenaga Kerja yang pasti akan pantau hak dan kewajiban setiap pelaku usaha serta pekerja,” terang Wawali.(tim)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*