Sabtu, 4 April 2020

Assa : SKPD Manado Harus Buat Laporan Secara Kontinyu

manado, pemkot manado

Bart Assa

MANADO, (manadoterkini.com) – Kinerja aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado semakin transparan, sehingga dibutuhkan ritme yang cepat dalam melakukan pelaporan elektronik yakni SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado Peter Assa Ph.D terkait hal tersebut, mengakui bahwa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus membuat laporan secara kontinyu dan tepat jadwal. “Kalau dalam rakorev (Rapat Koordinasi dan Evaluasi) atau Monev (Monitoring dan Evaluasi) akan tergambar secara transparan mana SKPD yang berkerja optimal dan tidak,”kata Assa.

Lanjutnya, penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) pengelolaan SAKIP di Kota Manado sudah sangat baik. Pemenfaatan teknologi informasi sebagai sistem aplikasi pelaporan akuntabilitas telah mampu meningkatkan kinerja SKPD di Kota Manado. “Dimana semua data Renstra (Rencana Strategi) dan capaian triwulanan baik kenerja maupun serapan dana seluruh SKPD, Dinas, Badan, Bagian, Kecamatan hingga Kelurahan, semuanya sudah dapat dientry, diakses dan dievaluasi secara terintegrasi baik oleh SKPD maupun tim Monev,”jelas Assa seraya menambahkan data tersebut bisa diakses masyarakat luas.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*