Kamis, 9 April 2020

Kotabunan Masih Rawan Penyebaran Nyamuk DBD

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) disinyalir masih rawan diwilayah Kotabunan, terutama disepanjang lorong jalan Amu Desa Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Eko Marsidi,SKM,ME kepada manadoterkini.com, bahwa belum lama ini diwilayah Desa Kotabunan, beberapa warga diserang penyakit DBD, sampai harus menjalani perawatan dirumah sakit.

Ia mengatakan, meski sudah dilakukan fogging, akan tetapi laporan dari warga, disinyalir nyamuk jenis Aedes Agypte Betina penyebab DBD masih bersarang dan berkembang biak diwilayah tersebut ditengah perubahan musim yang tidak menentu belakangan ini. Ada kalanya hujan terkadang juga panas. Karena itu, kata Eko, menjawab keluhan warga pihaknya langsung turun lapangan melaksanakan pengasapan secara menyeluruh diwilayah Kotabunan. ” Memang Kotabunan tergolong rawan penyebaran DBD. Saya sudah turunkan tim melakukan pengasapan secara menyeluruh, terlebih ditempat-tempat yang rentan berkembang biaknya nyamuk,” ujarnya.

Meskipun demikian, ia berharap proaktifnya warga menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing. “Caranya mudah dan sudah diketahui semua warga, yakni dengan 3 M. Menutup tempat penampungan air, Menguras bak mandi, serta Mengubur barang-barang bekas. Ini untuk mencegah perkembangan jentik nyamuk yang akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa, ” jelas Marisidi.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*