Kamis, 9 April 2020

Boltim ‘Layak’ Kelola Pajak Kendaraan Sendiri

TUTUYAN, (manadoterkini.com)-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) salah satu Kabupaten yang sudah berdiri sendiri mempunyai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penyumbang pajak kendaraan yang dinilai cukup besar yakni Rp 16 Miliar bagi hasilnya.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boltim Ir Muhammad Assagaf, merencanakan akan mengelola sendiri hasil pendapatan pajak kendaraan bermotor hal ini guna meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pembangunan serta kesejahteraan rakyat. “Itu untuk tahun 2014 triwulan ke tiga. Ini menjadi salah satu indikator bahwa kita mampu dan ini merupakan PAD Boltim. Untuk total pajak kendaraan bermotor se-Bolmong Raya (BMR) itu totalnya Rp100 miliar,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya juga jika nanti Provinsi BMR terwujudkan, secara otomatis itu pengelolaan pajak kendaraan itu akan dikelola oleh Provinsi BMR dengan Rp 93 Miliar untuk penduduknya. “Ini sudah dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) melalui dinas terkait yakni, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda),” katanya.

Sebelumnya melalui Kepala UPTD Samsat Boltim, Deni Tenda mengungkapkan, untuk target PAD melalui kendaraan yang dicapai dari data yang ada, kendaran roda dan empat dengan kode plat nomor Polisi-nya N, yang para pemilik kendaraan sudah membayar lunas pajaknya. “Sebelum terlanjur ditilang dan dikenakan sangsi, bagi yang belum melunasi pajak, segera diselesaikan. Ini kami sampaikan karena untuk kepentingan bersama. Jadi, ketika sweeping nanti, tidak ada lagi yang dirugikan,” ungkapnya.

Dia mjelaskannya pula pihaknya masih rutin menggelar sweeping yang bekerja sama dengan DinasPerhubungan (Dishub) dan Satuan Lalulintas (Satlantas) Bolmong yang tentunya sudah pasti segala bentuk pelanggaran akan langsung ditindaki. “Ini untuk kebaikan kita bersama baik masyarakat pengguna kendaraan maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimintakan kerjasamanya dalam sadar pajak,” tandas Tenda.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*