Kamis, 2 April 2020

Ribuan Kelompok Tani di Mitra Akan Diverifikasi Kembali

RATAHAN, (manadoterkini.com)-Jumlah kelompok tani di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang terdaftar di Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Minahasa Tenggara hingga tahun 2014 berjumlah 1006. Jumlah tersebut nampaknya akan berkurang. Pasalnya BP4K dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi kembali data kelompok tersebut.

Kepala BP4K Mitra Nasaruddin Manosso mengatakan, verifikasi data dimaksudkan untuk meninjau kembali legalitas kelompok-kelompok tani yang telah terdaftar.

“Tujuannya hanya untuk memeriksa kembali vaidasi data kelompok tani apabila ada nama yang tercatat ganda, atau ada juga petani yang sudah meninggal namun masih terdaftar dalam kelompoknya. Intinya untuk pemuktahiran data kelompok tani saja,” ujar Manossoh.

Lanjut Manossoh, bila dalam verifikasi nanti ditemukan ada data kelompok tani yang tidak valid, maka kelompok tersebut akan di hapus dari daftar.

“Kalau datanya sesuai pastinya tetap dipertahankan. Namun bila nanti ditemukan datanya tak valid misalnya terdapat nama ganda, itu namanya kelompok tani siluman dan pastinya akan di hapus,” pungkasnya.

Ditambahkannya, bisa saja ada dua nama yang tercatat dengan catatan bukan dalam bidang kelompok yang sama.

“Yang penting tak sama bidang kelompoknya. Misalnya dia terdaftar sebagai kelompok tani dan terdaftar juga di kelompok perikanan. Itu tidak masalah. Bisa saja profesinya selain sebagai petani juga sebagai nelayan,” tutupnaya.(tr2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*