Selasa, 31 Maret 2020

Besok, 42 Pasangan di Tompasobaru Siap Dinikahkan

amurang

Tetty Paruntu

TOMPASOBARU, (manadoterkini.com) – Sebanyak 42 pasangan akan segera dipersatukan dalam ikatan pernikahan pada acara kawin massal yang menurut rencana digelar pada Jumat (12/12) besok. “Ya, Jumat Besok Pemerintah Kecamatan Tompasobaru sekitar jam 10:00 WITA kita akan menikahkan sebanyak 42 pasangan dan itu akan dilaksanakan di Gereja GMIM Efrata Sion Tompasobaru,” ujar Camat Tompasobaru Henri Palit SH kepada manadoterkini.com Kamis (11/12) siang tadi..

Palit menjelaskan, pihaknya akan menggunakan gedung gereja yang berada di Jemaat GMIM Efrata Sion. Hanya saja pemberkatannya di gedung gereja masing-masing, tapi untuk pencatatan sipilnya akan dilakukan secara bersama-sama. “Hal ini dilakukan karena selain jemaat GMIM, ada juga yang berasal dari aliran gereja lain. Seperti halnya dari Umat Katolik dan Pantekosta serta jemaat lainnya yang ikut serta dalam kawin massal ini,” ujarnya lagi.

Dijelaskannya, hingga pendaftaran terakhir, tercatat ada 42 pasangan calon pengantin yang mendaftarkan diri ikut dalam kawin masal tersebut. Karena kawin massal ini program Bupati dalam rangka pemberdayaan kesejateraan keluarga dengan memberikan kepastian Hukum kepada masyarakat yang sudah Hidup bersama, tetapi belum sah secara Hukum seperti yang tertera pada UU perkawinan No 2 tahun 1974 serta Peraturan pemerintah No 9 tahun 1975. “Justru itu Kami dari Pemerintah Kecamatan Tompasobaru mengelar kawin massal pada Jumat besok,” jelasnya.

Lanjut Palit, kawin masal ini diselenggarakan untuk meringankan biaya perkawinan bagi 42 pasangan yang tidak mampu.”Mungkin mereka ada yang hendak menikah, namun belum jadi, karena tidak ada biaya, nah disinilah mereka dibantu untuk dinikahkan gratis,” pungkasnya.

Ia menambahkan, ini juga untuk mengurangi terjadinya kumpul kebo. “Ya banyak juga kan yang sudah tinggal sama-sama, tapi belum menikah lantaran tidak ada biaya, makanya dibantu, supaya mereka sah,” tandasnya.

Kawin massal yang akan dilaksanakn oleh Pemerintah Kecamatan Tompasobaru disponsori langsung Pemkab Minsel yang didalamnya Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Minsel. Bahkan acara ini akan dihadiri langsung oleh Kepala Dukcapil Minsel Drs Corneles Mononimbar, Kepala UPT Kecamatan Tompasobaru Boy Maleke SE, unsur PIKA, BKSUA, BAMAG, serta Hukum Tua (Kumtua) se-Kecamatan Tompasobaru.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*