Kamis, 9 April 2020

Aktifitas Tambang Ilegal Cemari Sungai Totoka Nuangan

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Aktifitas ilegal Mining atau tambang ilegal di Desa Lanud, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengakibatkan Sungai Totoka di Desa Nuangan Kecamatan Nuangan tercemar. “Biasanya warna airnya jernih, kini sudah kekuningan, diduga akibat limbah atau pembuangan dari aktifitas tambang yang berada di wilayah Lanud,” kata salah satu warga Desa Matabulu kecamatan Nuangan, Less Saleh, kepada manadoterkini.com, Jumat (12/12).

Diakuinya, hal ini sudah puluhan kali dilaporkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas terkait. Namun sayangnya hingga saat ini, belum ada tindakan. “Akibat airnya kuning, warga yang berada di seputaran sungai tersebut jadi takut mengkonsumsinya,” keluhnya.

Dirinya juga menambahkan, agar dinas terkait segera mengambil tindakan terhadap tambang ilegal tersebut. Jika hal ini dibiarkan, maka akan merugikan warga Nuangan terlebih yang bermukim di seputaran sungai. “Kami berharap Pemkab Boltim, melalui Dinas ESDM (Energi Sumber Daya dan Mineral) dan BLH (Badan Lingkungan Hidup), segera mengambil tindakan untuk menghentikan aktifitas tambang ilegal tersebut. Sebab, jika dibiarkan terus, hal ini akang merugikan warga Nuangan, karena Sungai Totoka satu-satunya sumber air untuk kehidupan mereka. Jangan nanti sudah ada korban, baru pemerintah bertindak, ” kecam Saleh.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas ESDM, Jamaluddin, akan segera menurunkan Tim untuk melakukan pemeriksaan di lapangan. “Nanti kita akan turunkan Tim untuk melakukan pemeriksaan. Apakah benar pencemaran sungai diakibatkan karena adanya aktifitas tambang tersebut atau bukan,” kata Jamaluddin.

Sementara, Kepala BLH, Pryamos, ketika dikonfirmasi, belum dapat memberikan penjelasan. Pasalnya, ketika dihubungi lewat via seluler, nomornya dalam keadaan tidak dalam keadaan aktif.(ojr)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*