Selasa, 31 Maret 2020

Pembagian Besaran Lapak, PD Pasar Diminta Objektif

manado

APKLI Manado bersama Walikota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Kota Manado, meminta agar pembangian lapak harus sesuai kesepakatan. Pasalnya, belakangan pembagian lapak berjualan tidak berimbang.

PD Pasar yang menjadi penanggung jawab teknis harus berlaku objektif agar tidak terjadi gesekan dan berdampak pada konflik horinsontal. “Apa yang menjadi kesepakatan itulah harus kita jalankan. PD Pasar harus berlaku objektif,”ujar Ketua DPD APKLI Manado, Fice Elvi Songgigilan.

Diketahui DPD APKLI menjadi sarana pengaduan dari para pedagang. Untuk itu kedepan Songgigilan berharap bisa ada koordinasi yang mantan dengan PD Pasar. “Kedepan saya bisa berharap ada koordinasi yang mantan antara DPD APKLI dengan PD Pasar,”katanya.

Meski begitu Songgigilan sangat berterima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang bisa mengijinkan para PKL bisa berjualan di kawasan TKB Pasar 45 Manado. “Terima kasih Pak Walikota. Kami berharap kedepan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan,”harapnya.

Terkait hal itu beruntung Walikota GS Vicky Lumentut yang sengaja datang di hari kedua langsung memberikan solusi kedepan. Pasar Murah Christmas akan dilaksanakan lebih baik kedepan. “Kalau berjalan baik, aman, nyaman dan kebersihan di jaga kegiatan yang sama akan kita upayakan dengan penyediaan tenda. Kalau tidak saya akan tinjau kembali,”ujar Walikota GSVL.

Bahkan Walikota GSVL menuturkan akan membuat lapak dengan ukuran yang sama. Nantinya, kegiatan serupa akan lebih baik. Dan bukan tidak mungkin menjadi tujuan wisata. “Lapak akan kita tata lebih baik agar bisa berjualan lebih nyaman dengan ukuran sama tentunya. Kalau kali ini masih dibuat sendiri oleh pedagang. Nantinya pasti ada biaya pemelihaaraan yang akan dibaya oleh pedagang,”ujar Walikota.

Hanya saja harus dijaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan. Kalau semuanya itu bisa dipenuhi pastinya kegiatan serupa akan dilaksanakan. “Asalkan semua ketentuan dilakukan kita akan buat kegiatan serupa. Karena tenda ini masih disewa oleh Pemerintah Kota. Kedepan kita akan upayakan milik sendiri,”tuturnya.

Kedepan pihaknya akan diskusi dengan PD Pasar dan Asosiasi Pedagangan Kaki Lima (APKLI) Manado. “Mudah-mudahan kedepan lebih baik lagi. Kalu sekarang tendanya kami sewa, tahun depan Pemkot yang sediakan,’’ kata GSVL sembari menitip pesan kepada para pedagang, agar lapak yang sudah disewa jangan ditambah-tambah. “Kalo sudah bangun, jangan ditambah-tambah. Kita harus komitmen untuk kedepan jadi baik lagi,” pungkasnya.

Pembukaan Pasar Murah Christmas ini dihadiri Asisten 2 Drs Rum Usulu, Kasat Pol PP Xaverius Runtuwene SH dan Kabag PD Pasar Hentje Lumentut SH dan ribuan pedagang yang memadati lapak jualan tersebut.(ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*