Kamis, 2 April 2020

BCW Soroti Perjalanan Dinas Legislator Boltim, Empat Bulan Habiskan Rp 1,2 Miliar

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Sedikitnya ada 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) periode 2014-2019 kembali mendapat sorotan tajam dari Ketua Boltim Coruption Watch (BCW), Irawan Unonongo. Pasalnya, kurang lebih empat bulan berjalan ke 20 yang baru dilantik pada bulan September lalu itu hingga kini tercatat sudah menyerap anggaran Rp1,2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk biaya operasional perjalan dinas. “Ini jelas bertolak belakang dengan tujuan komitmen mereka yang sebelumnya dulu masih sebagai calon legislatif (Caleg), yang mempunyai keinginan besar menjadi wakil rakyat yang lebih mementingkan kepentingan rakyat didaerah daripada hanya menghabiskan anggaran untuk Bimbingan teknis (Bimtek) keluar daerah dan lain-lain,” ujarnya kepada manadoterkini.com Rabu (17/12).

Lanjut Irawan, ada baiknya dan lebih bermanfaat jika anggaran sebesar itu jika dialihkan ke sarana pembangunan, fasilitas umum ataupun sekolah, itu akan lebih terasa langsung oleh masyarakat. “Kalaupun masih juga seperti DPRD periode lalu yang dinilai banyak melakukan perjalanan dinas luar yang realisasinya tidak jelas dimasyarakat, itu berarti sama saja tidak ada bedanya dengan DPRD sekarang ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKPAD) Boltim, Oskar Manoppo, terkait dengan anggaran perjalanan dinas DPRD Boltim, membenarkannya. “Setiap perjalanan untuk wakil rakyat Boltim yang sekarang ini, menghabiskan Rp 400 juta. Jadi untuk empat bulan terakhir ini anggaran yang dihabiskan, sudah mencapai Rp1,2 miliar. Tapi ini, belum ditambah atau dikalkulasi dengan perjalan dinas pada bulan Januari 2014 lalu,” ungkapnya.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*