Kamis, 9 April 2020

Bupati Tetty Hadiri Musrenbangnas di Hotel Bidakara Jakarta

minsel

Bupati Tetty Mengikuti Musrembangnas di Hotel Bidakara Jakarta

JAKARTA, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE Kamis (18/12) siang tadi menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) tahun 2014-2019 yang dilaksanakan di Jakarta tepatnya di Gedung Bidakara.

Dari hasil Musrembangnas nantinya, akan digunakan untuk melengkapi RKP tahun 2015, yang kembali akan dilaporkan kepada Presiden RI. Selain itu, saat acara tersebut, juga dilaksanakan pameran Perencanaan Pembangunan Nasional.

Musrembangnas tersebut, dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. ” Musrembangnas merupakan perhelatan tahunan Pemerintah untuk mempersiapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), akhir tahun 2015 target pencapaian pertumbuhan ekonomi 5,5 sampai 6,3 persen, sementara itu tingkat kemiskinan diperkirakan menurun 9 sampai 10 persen. Tingkat pengangguran ditargetkan turun 5,7 sampai 5,9 persen,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu, sambutan Menteri PPN dan Kepala BAPPENAS mengatakan, ada tiga hal utama yang akan ditegaskan melalui Musyawarah Perencana Pengembangan Nasional (Musrembangnas), yaitu Reformasi yang berjalan perlu diteruskan , percepatan pembangunan ekonomi disegala bidang dan pembangunan yang Inklusif. Langkah-langkah strategis kesenjangan wilayah dengan nara sumber Direktur Jendral Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dari Kementrian Dalam Negeri dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan. Pengaturan pelaksana pendapatan desa yang bersumber dari alokasi APBN.

Tetty sapaan Bupati Minsel ini mengatakan bahwa, keikutsertaan dirinya pada Musrembangnas ini sangat penting untuk percepatan pembangunan Daerah.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan yang dibuka Presiden membicarakan proses pembangunan di daerah yang wajib dilakukan dan menyentuh kebutuhan dasar masyarakat yang harus mendapatkan prioritas serta memerlukan proses pengawasan yang tepat.

Menurut istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi ini, Musrenbangnas milik seluruh rakyat Indonesia, yang prosesnya dimulai sejak tahap Musyawarah tingkat Desa/Kelurahan, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Pusat yang berlangsung di seluruh Indonesia, sejak awal tahun 2014. Kemudian, dari hasil pembahasan Musrenbangnas, diharapkan dapat dicapai kesepakatan antara Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah di tingkat Kabupaten tentang prioritas lokasi, target dan alokasi dana untuk sebagian besar kegiatan Kementerian atau Lembaga yang ada di Daerah.

” Musrembangnas merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan sebagai puncak dari seluruh rangkaian pembahasan teknis di tingkat Pusat dan Daerah,” ujarnya.

Acara tersebut, selain dihadiri oleh Gubernur dan Bupati/Walikota, dihadiri juga oleh unsur pimpinan lembaga negara, unsur Legislatif (DPR/DPD), para Menteri Kabinet Indonesia, Sekjen, Sestama dan para Kepala Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*