Kamis, 9 April 2020

Pusat Belum Realisasikan Dana Bencana Manado

Olly Akui Ungkapan Walikota GS Vicky Lumentut

manado

Walikotaa GSVL kawal penyaluran dana bantuan bencana yang dialokasikan lewat APBDP Kota Manado 2014

MANADO, (manadoterkini.com) – Janji Pemerintah Pusat untuk merealisasikan dana bantuan bencana bagi warga Manado yang tertimpa banjir bandang dan tanah longsor 15 Januari lalu hingga kini belum terealisasi. Padahal Pemerintah Pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Pusat sudah berjanji akan segera merealisasikan.

Disatu sisi Walikota GS Vicky Lumentut, sudah beberapa kali mengikuti rapat bersama BNPB, untuk memperjuangkan bantuan yang telah dijanjikan pemerintah pusat tersebut. Apalagi janji pemerintah pusat itu akan menanggung rumah yang hanyut dan rusak berat serta rusak sedang.

Anehnya, hampir setahun tragedi tersebut belum juga terealisasi yang menjadi janji pemerintah pusat. Sudah hampir setahun tregedi tersebut, namun belum ada tanda-tanda realisasi bantuan bencana dari pusat. Padahal tak sedikit kerugian materi yang menjadi korban banjir bandang tersebut. Bahkan Walikota GS Vicky Lumentut tak kenal lelah memberikan penjelasan serta sosialisasi kepada masyarakat agar bersabar menunggu bantuan yang dijanjikan pemerintah pusat itu.

Namun dibalik itu masih ada oknum-oknum yang sengaja memprovokasi masyarakat terkait dengan dana bantuan bencana tersebut. Ada yang mengatakan kalau bantuan itu telah ada dan ditahan oleh Walikota GSVL untuk kepentingan Pilkada nanti. Namun apa yang telah dijelaskan oleh Walikota GS Vicky Lumentut terkait bantuan bencana yang sampai saat ini belum juga tiba, dibenarkan oleh Anggota DPR-RI Dapil Sulut Olly Dondokambey yang juga sebagai Ketua DPD I PDI Perjuangan.

“Memang benar ungkapan Pak Walikota Lumentut, dana bencana dari pemerintah pusat belum ada. Karena masih harus menungu persetujuan Wakil Rakyat di DPR-RI, dan baru Januari nanti dibahas kembali. Semoga usai terbentuk AKD, bantuan bencana segera disalurkan nantinya,” ujar Dondokambey dalam sambutannya pada acara, Ibadah Pra Natal Kader PDI-P yang dilaksanakan, Sabtu (27/12) di Wisma Montini dan dihadiri oleh Walikota GS Vicky Lumentut.Dilanjutkan Dondokambey.

Setelah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR-RI selesai dibentuk, baru akan dibahas bantuan bencana di Indonesia khususnya di Kota Manado yang terjadi pada 15 Januari 2014 lalu. Agar segera disahkan dan secepatnya disalurkan oleh pemerintah pusat, sehingga para warga yang menjadi korban bencana bisa mendapatkan bantuan. “Nantinya Ronald Rampangiley juga putra Sulut sebagai Kepala BNPB Pusat yang baru,semoga dengan akan dilantiknya Kepala BNPB Pusat baru. Itu akan mempercepat penyaluran bantuan bencana ke Kota Manado, karena beliau Rampangiley putra daerah yang juga mantan Danlantamal Manado,”ujar Dondokambey.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*