Selasa, 12 November 2019

DPRD Boltim Sayangkan Capaian Kelulusan CPNS Didominasi Peserta Luar Daerah

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2014, yang telah diumumkan hasilnya pada beberapa waktu lalu oleh BKDD Boltim, rupanya mulai ditanggapi dengan berbagai spekulasi oleh sejumlah pihak. Pasalnya, capaian kelulusan tersebut, banyak didominasi oleh peserta yang berasal dari luar daerah.

Hal ini mendapatkan tanggapan dari berbagai berbagai kalangan khususnya Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim mereka menyayangkan minimnya kelulusan dalam capaian Passing Grade peserta yang berasal dari Boltim tersebut. “Ini sangat disayangkan jika setiap pengangkatan, kelulusannya hanya di dominasi oleh peserta yang berasal dari luar daerah Boltim,” ujar, Sofyan Alhabsy saat menghubungi mamadoterkini.com.

Kepala Badan dan Diklat Daerah (BKDD), Darwis Lasabuda, bahwa dari 151 kursi CPNSD yang terisi, hanya sekisar 40 peserta dari Boltim yang berhasil dan dinyatakan lulus. “Ada sekitar 40 peserta yang notabenenya penduduk asli Boltim yang berhasil menduduki kursi CPNSD tahun ini,” ujarnya

Soal minimnya putra daerah yang lolos dalam perekrutan kali ini, Lasabuda tak menampiknya. “Itu merupakan hal yang wajar karena persaingan sangat ketat. Kembali pada peserta itu sendiri jika dia mampu menjawab soal dengan benar dan mencapai standar nilai yang ditentukan dia pasti akan lulus,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam proses penentuan kelulusan tidak ada campur tangan daerah. Pasalnya, daerah hanya melaksanakan perekrutan dan melakukan pendampingan saat pelaksanaan tes. Selanjutanya, pemeriksaan serta perengkingan ditentukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “BKDD hanya melakukan perekrutan, hingga pendampingan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional IX untuk pelaksanaan tes, soal kelulusan tergantung peserta itu sendiri. Dan untuk perengkingannya Panselnas yang menentukan,” terang Lasabuda.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*