Selasa, 12 November 2019

Aktivitas Galian C oleh PT Dinasti di Bawah Jembatan Matabulu Dikeluhkan

TUTUYAN, (manadoterkini.com)-Aktifitas galian C oleh PT Dinasti mendapat keluhan dari sejumlah warga Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pasalnya, aktivitas galian C itu berada dibawah bangunan jembatan. Sehingga, apabila pengambilan material ini tidak cepat dihentikan, maka jembatan penghubung antara Desa Matubulu dan Desa Nuangan, terancam akan ambruk.

Menurut warga, bahwa pengambilan material atau galian C ini, memang sudah lama dilakukan oleh pihak PT Dinasti. Namun, tidak pernah ada tindakan dari pemerintah desa untuk menghentikannya. “Sehingga kami berharap pemerintah daerah, yakni Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Boltim, segera turun kelokasi, dan menghentikan aktifitas PT Dinasti tersebut, sebab pengerukan materialnya sangat berbahaya, karena dilakukan di bawah jembatan,” kata Less Saleh warga Desa Matabulu, Kamis (8/1) siang tadi.

Hal yang sama juga, dikeluhkan oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengawasan Pembangunan (LP3) Sulawesi Utara (Sulut), Hengki Kaunang. Dari pantauan yang dilakukannya, dimana aktifitas galian C tersebut, memang tidak layak, karena pengerukannya hanya dibawah jembatan saja.

Selain itu, kegiatan tersebut sangat berbahaya bagi warga, karena apabila hujan deras turun, jembatannya terancam ambruk, karena tak ada lagi material yang menahan pondasi jembatan. “Harusnya, pengerukan materialnya, sekitar lima ratus sampai satu kilo meter dari jembatan. Tetapi, yang kami lihat pihak perusahaan malah mengambil material yang lebih mudah serta dekat dari jalan,” ujar Kaunang, kepada sejumlah wartawan.(tim)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*