Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Inilah Thanks Giving Ala Walikota Manado Jamu Dubes dan Konjen AS

×

Inilah Thanks Giving Ala Walikota Manado Jamu Dubes dan Konjen AS

Sebarkan artikel ini

Kedubes dan Konjen Nikmati Bubur Manado Hingga Main Kolintang

MANADO, (manadoterkini.com) – Suasana akrab Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert Blake Jr dan Konsul Jenderal (Konjen) AS, yang berkedudukan di Surabaya Joaquin Monserrate, dengan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, ketika menghadiri acara Thanks Giving di Keraton Rudis Bupati Banyuwangi, November lalu, terulang di Wakeke, Manado.

manado
Diawali Doa bersama sebelum menikmati Bubur Manado di Dego-dego
manado
Dubes dan Konjen menikmati Tinutuan

Kalau di Banyuwangi, Walikota GSVL bersama First Lady Julyeta P.A Runtuwene disajikan makanan ala AS yakni ayam kalkun, Jumat kemarin Dubes dan Konjen menikmati menu andalan masyarakat Minahasa, yakni Tinutuan atau Bubur Manado. “Ini makanan andalan masyarakat Manado. Namanya tinutuan. Mengandung gizi tinggi karena bahan pokoknya semua dari sayur-sayuran,’’ kata GSVL saat menjamu smokol pagi rombongan Kedubes dan Konjen AS di Dego-Dego, salah satu rumah makan di lokasi objek wisata Wakeke.

Suasana keakraban sangat kental. Kedubes dan Konjen AS terlihat menikmati bubur Manado sambil diiringi lirik-lirik lagu khas Minahasa dari grup music kolintang.

manado
Walikota menjelaskan Pontensi Manado, Sulawesi Utara
manado
Dialog bersama Kepala Bappeda Manado Peter KB Assa Ph.D

Nampak GSVL menjelaskan potensi-potensi alam dan wisata yang dimiliki Manado sebagai ibukota Provinsi Sulut mengingat Kedubes Robert O. Blake Jr, baru kali pertama berkunjung ke Sulut, khususnya Kota Manado. Saking terjalinnya keakraban, sampai-sampai rombongan Kedubes dan Konjen AS tersebut menyempatkan diri belajar bermain music kolintang. Usai menikmati bubur Manado, Kedubes dan Konjen AS ditemani GSVL dan istri melanjutkan perjalanan marathon mengunjungi lokasi-lokasi wisata di kepulauan Manado Tua dan Bunaken.

manado
Kedubes AS, Robert Blake menyerahkan buku kepada Wali Kota Lumentut didampingi First Lady Manado Julyeta Runtuwene disaksikan Konjen AS, Joaquin Monserrate.(ist)
manado
First Lady Manado, Julyeta P.A Runtuwene menunjukan kelihaian main kolintang di depan Kedubes dan Konjen AS usai menikmati bubur Manado. (ist)

“November lalu saya diundang acara Thanks Giving warga Amerika di Banyuwangi. Saat itu saya juga mengundang untuk silaturahmi ke Manado. Nah, kesempatan itu sekarang Pak Kedubes dan Konjen menyempatkan diri ke Manado sekaligus datang melihat potensi-potensi alam disini,” ujar GSVL.

Rombongan Kedubes AS Robert O. Blake Jr bersama Konjen AS, Joaquin Monserrate ditemani Wali Kota Vicky Lumentut dan istri Julyeta Paula Runtuwene kemudian meninggalkan objek wisata Wakeke kemudian melanjutkan perjalanan menuju beberapa pulau wisata andalan warga Manado melalui Tongkaina dengan menggunakan kapal cepat.(ald)