Senin, 11 November 2019

DAS Tondano Meluap Sejumlah Wilayah Terendam Banjir

manado

Tagana telah turun ke Ternate Tanjung seja tadi malam

MANADO, (manadoterkini.com) – Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano meluap sejumlah wilayah di Manado kembali terendam banjir sekitar Pukul 04.00 WITA dini hari tadi. Bahkan kondisi cuaca saat ini sejumlah wilayah seputar Manado masih terus diguyur hujan meski tidak selebat malam tadi.

Peringatan yang dikeluarkan BMKG pun terus menghantui warga Kota Manado, apalagi mereka yang terkena bencana banjir bandang 15 Januari 2014 lalu. Warga memang masih trauma dengan kejadian tahun 2014 lalu. Untuk itu warga pun banyak berharap dan berdoa agar kejadian tersebut tidak akan terulang lagi.

rendam sejumlah rumahDan lagi pemerintah diminta tegas untuk memindahkan warga yang berada di bantaran sungai. Kepentingan kelompok harus dikesempingan dahulu apalagi mencari popularitas menjalang pemilihan kepala daerah.

“Persoalan kemanusiaan harus didahulukan saat ini kesampingkan dulu ego kepentingan kelompok jelang pemilihan kepala daerah. Jangan lagi masalah banjir dijadikan ladang pencitraan diri untuk pemilihan kepala daerah kota Manado,”ujar Widdy Rorimpandey SPt MPd kepada manadoterkini.com, Minggu (11/1).

Diketahui sejumlah wilayah seperti kampung tubir, ketang baru, Paal 2, ternate tanjung yang sering menjadi banjir akibat meluapnya DAS Tondano sudah terendam banjir sejak dini hari tadi karena hujan yang terus turus terun tidak berhenti sejak kemarin. Hal yang sama juga banjir  telah melanda Komo Luar, Dendengan Dalam serta walayah Banjer.

Sejumlah elemen masyarakat terus berkordinasi seperti RAPI, PMI, BPBD, KODIM 1309, Polri, Basarnas dan lainnya terus standby dan melakukan efakuasi warga yang telah berada di tempat yang aman. Informasi lainnya warga yang sudah mengungsi kini memerlukan makanan siap saji.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*