Selasa, 12 November 2019

Pilkada Boltim Tunggu Perppu Disahkan

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Sampai saat ini, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung. Baik di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), maupun di daerah lain, masih menjadi tanda tanya. Pasalnya, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu), tentang Pilkada langsung, belum juga disahkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boltim, Hendra Damopolii saat dikonfirmasi terkait masalah Pilkada, mengakui bahwa soal Pilkada, pihaknya masih tunggu keputusan dari KPU Pusat. “KPUD Boltim telah menyiapkan langkah-langkah tentang pelaksanaan Pilkada. Mulai dari pendanaan, hingga tahapannya, karena sesuai Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) beberapa waktu lalu, dimana Pilkada serentak digelar tanggal 16 Desember tahun ini, ” terang Damopolii kepada manadoterkini.com.

Tetapi kata Damopolii juga, untuk memastikan tentang Pilkada secara serentak ini dilaksanakan. Pihak KPUD Boltim, masih menunggu payung hukum dari Perpu, yang saat ini sementara digodok oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR-RI. “Yang jelas, Pilkada secara langsung akan dilakukan. Tapi, kepastian itu masih tetap menunggu payung hukum dari Perpu, ” ujar Damopolii.

Sementara itu, menurut Sekretaris KPUD Boltim Arfan Palima, menyangkut pendanaan Pilkada Boltim, dianggap terlalu kecil. “Jika Pilkada di Boltim akan berjalan sesuai dengan tahapan yang sudah dirancang oleh KPUD Boltim, maka perlu ada penambahan dana Pilkada. Sebab, anggaran sebesar Rp 6,5 miliar dari Pemkab Boltim, sangat minim. Idealnya, anggaran Pilkada, sebesar Rp 13 miliar. Jadi harus ada penambahan anggaran, ” kata Palima.(tr-6)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*