Jum'at, 22 November 2019

Walikota Manado Ajak Kampanyekan Jangan Buang Sampah di Sungai dan Saluran

Apel Kesiapsiagaan Bencana Penanganan Bencana Mengenang Satu Tahun Banjir Bandang Manado

manado

Walikota saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Pemerintah kota (Pemkot) Manado menggelar berbagai kegiatan dalam rangka mengenang tragedi banjir bandang 15 Januari 2014 silam. Diawali dengan ibadah syukur bersama kemudian apel kesiapsiagaan penanganan bencana yang diikuti oleh TNI/Polri, Basarnas, PMI, Tagana Orari, Pol PP dan Lapisan Masyarakat Yang Peduli Dengan Aksi Kemanusiaan mengatakan, agar bencana banjir banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang Kota Manado 15 Januari 2014 lalu. Puncak peringatan tersebut dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala, Manado.

Walikota Manado, DR, GS Vicky Lumentut (GSVL), saat memimpin apel tersebut mengatakan pengalaman yang sangat berharga bagi semua warga. Untuk itu Walikota mengajak warga menjaga kelestarian lingkungan.

“Mari kita kampanyekan bersama jangan membuang sampah sembarangan di sungai dan saluran-saluran air. Mari mantapkan penjagaan diri kita dan waspada dengan bencana. Mari kita terus panjatkan Doa kepada Tuhan, agar Kota Manado selalu terhindar dari semua bentuk bencana,” kata Walikota GS Vicky Lumentut.

Dikatakan Walikota, bencana yang terjadi 15 Januari lalu, masih terus berada dalam ingatan semua warga Manado dan tragedi bencana banjir bandang dan tanah longsor itu, telah menjadi sejarah bagi Kota Manado.

”Peristiwa bersejarah yakni banjir bandang dan tanah longsor, masih segar dalam ingatan kita. Namun itu jangan menjadi trauma bagi kita, tetapi jadikan sejarah peristiwa 15 Januari 2014 sebagai kekuatan yang mendorong, untuk bersama-sama membangun Kota Manado yang kita cintai ini,”tandas Lumentut.

Usai Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana oleh Pihak TNI/Polri, PMI, Basarnas, Tagana, Orari, Pol PP dan BPBD Kota Manado.

Acara tersebut dihadiri oleh, Muspida Kota Manado, Wakil Walikota, DR Harley Mangindaan,Sekkot Manado, MHF Sendoh, Ketua DPRD Manado Nortje Henny Van Bone, SKPD jajaran Pemkot Manado serta para undangan lainnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*