Selasa, 19 November 2019

Bupati Minta Perda Pilhut di Mitra Segera Dituntaskan

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Sedikitnya 33 Desa di Kabupaten Minahasa Tenggara (Minsel) tahun 2015 akan melaksanakan agenda politik berupa pemilihan hukum tua atau Pilhut.

Hanya saja, kapan pelaksanaannya masih belum dipastikan, dikarenakan regulasi tentang pelaksanaan Pilhut yakni Peraturan Daerah (Perda) belum direvisi, sementara secara aturan Perda Pilhut sudah harus menyesuaikan dengan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Terkait hal ini (Pilhut) saya mintakan DPRD dan instansi terkait untuk segera menindaklanjuti pembuatan Perda tentang Pilhut, agar Pilhut sudah bisa dilaksanakan,” ujar Bupati Mitra James Sumendap SH.

Sementara itu, Kepala BPMPD Mitra, Piether Owu yang dimintai tanggapannya mengatakan, draft Ranperda tentang revisi Perda tentang Pilhut sudah disiapkan pihaknya dan segera diajukan ke DPRD. “Pekan depan, draft Ranperda akan kita ajukan, diupayak tuntas secepatnya,” ujar Owu.

Terpisah, Sekretaris DPRD Mitra, Drs Veky Mokorimban mengatakan, revisi Perda Pilhut akan menjadi prioritas program Badan Legislasi daerah (Balegda) di awal tahun 2014. “Pembahasannya sudah dijadwalkan, kita (DPRD) tinggal menunggu draft diusulkan eksekutif,” tukas Mokorimban.(van)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*