Jum'at, 22 November 2019

Pilhut Usai Pilkada, Sejumlah Desa di Minsel Bakal Dipimpin Pelaksana Harian

amurang

Benny Lumingkewas

AMURANG, (manadoterkini.com) – Tahun 2015 ini sekira 33 Desa di Kabupaten Minsel akan dipimpin hukum tua (Kumtua) atau Kepala Desa berstatus pelaksana harian (Plh). Pasalnya, pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan hukum tua yang akan segera berakhir tahun ini, belum bisa digelar karena bertepatan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Bupati Minahasa Selatan Christiany E Paruntu, SE melalalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Drs Benny Lumingkewas mengatakan, penundaan pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) tidak membuat ada kekosongan pemerintahan Desa. Jadi pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasanya sesuai aturan yang ada, karena Kumtua yang sudah lewat masa jabatannya akan diisi oleh pelaksana harian (plh).

Sesuai aturan dalam hal ini Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, dijabarkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014, menerangkan Pemilihan Kumtua dilakukan secara serentak. Untuk mengisi kekosongan jabatan hukum tua, maka akan ditunjuk Plh. “Penunjukan Plh berdasarkan rekomendasi Bupati dan mengacu pada usulan Camat,” ujarnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*