Selasa, 19 November 2019

Walikota Manado Akan Pertahankan Lurah Kinerja Bagus

GSVL : Kita Cari Lurah yang Berkerja dan Dekat dengan Masyarakat

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Langkah cerdas Walikota GS Vicky Lumentut, melelang jabatan Lurah setelah melakukan hal sama bagi kepala lingkungan merupakan kebijakan pertama di Sulawesi Utara. Saat ini lelang jabatan Lurah sedang dalam tahap seleksi dan hari ini para calon Lurah akan mengikuti pembekalan.

“Besok (hari ini, red), ada pembekalan. Sesudah pembekalan diberikan kesempatan untuk ujian,” ujar Walikota GSVL, Senin (19/1) kemarin.

Menariknya, orang nomor satu di ibukota Sulut ini menegaskan kalau Lurah yang berkinerja bagus menjadi prioritas dipertahankan. “Nanti ada beberapa Lurah yang diperlakukan secara khusus, dimana masih dikehendaki oleh masyarakat sehingga kita tidak ada akan lakukan perubahan. Ada beberapa Kelurahan yang melalui aspirasi masyarakat masih menghendakinya. Ada beberapa Lurah yang kinerjanya masih sangat baik maka akan dipertahankan,” ujar GSVL.

Ditegaskannya, dalam melakukan lelang jabatan Lurah bukan sekedar lelang namun mencari figur Lurah yang benar-benar melayani masyarakat. “Karena kita mencari orang yang bekerja dan dekat dengan masyarakat. Kalau yang bersangkutan jelas-jelas dekat dengan masyarakat, kinerjanya bagus, ya kita akan berikan perhatian untuk itu. Dari aspirasi masyarakat, khususnya di beberapa wilayah yang kena bencana masih mengingkan Lurah yang bersangkutan, tetapi ada juga aspirasi masyarakat yang minta supaya diganti,” jelas Walikota visioner ini.

Seperti diketahui, calon Lurah yang dilelang ini tidak sembarangan, sebab ada syarat yang harus dipenuhi para PNS yang mendaftar, dan tidak boleh dilanggar baik umum maupun khusus. Syarat umum antara lain berkarakter baik dan berjiwa pamong, harus mampu berinovasi pembangunan yang baik serta kreatif, memiliki kemampuan membangun kebersamaan masyarakat bernafaskan semangat mapalus, memiliki jiwa dan semangat pembaharuan serta mampu memimpin dan bekerja sama dalam tim serta berkoordinasi baik dengan pimpinan. Sedangkan syarat khusus yang harus dipenuhi antara lain, pangkat dan golongan minimal III/b, domisili harus di Manado, berumur maksimal 50 tahun. Kemudian tingkat pendidikan mininal S1, sehat jasmani dan rohani, lalu DP3 tahun terakhir rata-rata harus baik, tidak pernah tersangkut masalah indisipliner dan pelanggaran hukum, kemudian harus mau mendandatangani pakta integritas.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*