Selasa, 19 November 2019

Pemkot Manado Berusaha Lepas dari Masalah Banjir

Assa : Soluasi Parsial Pemkot Manado tak Selesaikan Masalah

manado

Kepala Bappeda Peter Assa bersama Walikota GSVL.

MANADO, (manadoterkini.com) – Banjir bandang 15 Januari 2014 lalu memang menjadi peristiwa yang tak bisa terlupakan bagi warga Kota Manado. Tak pelak, warga mempertanyakan apa yang menjadi langkah dan upaya Pemkot Manado kedepan agar tidak terjadi musibah serupa.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Peter KB Assa ST MSc Ph.D, menuturkan solusi parsial oleh Pemkot Manado saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Dijelaskan Assa, solusi terbaik adalah menerapkan sistem ORPIM yi One River One Plan and One Integrated Management dalan satu DAS. Misalnya ORPIM untuk DAS Tondano yang harus dikelola secara sistem dari hulu ke hilir dan terpadu.

“Baik sekali pemerintah pusat telah merencanakan untuk mengeruk sungai-sungai dan membangun waduk Kuwil. Dalam waktu dekat JICA akan membantu pembangunan tanggul banjir muara sungai Tondano. Makanya Pemkot Manado pun pro aktif siap membebaskan lahan untuk pendirian tanggul banjir dan menata sistem drainase dalam kota,”terang Assa.

Demikian pula penanggulan tebing rawan longsor dan penegakkan aturan perijinan pemanfaatan lahan sebagai amanat harus dari RTRW akan dilakukan. “Semua rencana dan upaya di atas tingkat keberhasilannya masih sangat bergantung pada kesiapan dan kesediaan masyarakat. Apakah dapat merelokasi rumah atau merelakan tanah mereka untuk dibebaskan atau tidak,”katanya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*