Jum'at, 22 November 2019

Terkait Pilhut dan Draf UU Desa, DPRD Minsel Bakal Hearing BPMPD

sumual, DPRD Minsel

Jhon Sumula SE SH

AMURANG, (manadoterkini.com) – Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam waktu dekat ini akan memanggil Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) untuk melakukan hearing. Hal ini berhubungan dengan pemilihan hukum tua (Pilhut) dan draf Undang-undang Desa.

Ketua Komisi I DPRD Minsel John RM Sumual SE SH Msi, menuturkan hearing tersebut akan mempertanyakan pelaksanaan pilhut dan UU Desa. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kejelasan adanya Pilhut definitif. “Apalagi hingga saat ini belum adanya rancangan Pilhut dan UU Desa yang masuk. Padahal tahun 2015 ini ada banyak Desa di Minsel akan melakukan Pilhut serentak,” kata kepada manadoterkini.com, Rabu (21/1).

Lanjut Sumual, hal ini seharusnya yang menjadi perhatian serius dari pihak eksekutif dalam hal ini Pemkab Minsel. “Seharusnya revisi sudah dimasukkan oleh pihak Pemkab, mengingat hal ini sangat penting. Karena tahun ini kita akan mengelar pilhut serentak dibeberapa Desa di Minsel. Apalagi banyak Desa yang saat ini dipimpin oleh pejabat Kumtua, dan bukan Kumtua definitif,” ujar Sumual, sembari menyatakan siap membahas Ranperda bila sudah dimasukan oleh Pemkab Minsel.

Di tempat terpisah, Kepala BPMPD Minsel Drs Benny Lumingkewas, yang dikonfirmasi manadoterkini.com mengatakan untuk draf Ranpeda sudah selesai dan tinggal persiapan naskah akademi tentang Pemda. “Sebab hal tersebut sudah diatur dalam Permendagri Nomor 1 tahun 2014 tentang pembentukan produk hukum daerah. Sementara untuk draf ranperda sudah selesai,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*