Senin, 11 November 2019

Lumentut : Calon Lurah Harus Mampu Berintegrasi

Dari Pembekalan Seleksi Calon Lurah di Manado

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Salah satu kriteria calon Lurah di Manado adalah mampu berintegrasi dengan masyarakat serta mampu melayani dalam situasi dan kondisi apapun. Demikian pencerahan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, kepada 227 calon Lurah, dalam kegiatan pembekalan seleksi calon Lurah di ruang serbaguna baru-baru ini.

Ditegaskan mantan birokrat handal tersebut, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat memiliki peluang yang sama untuk menjadi Lurah. “Tunjukan kemampuan yang anda miliki. Jangan berpersepsi seleksi calon Lurah sudah diatur oleh tim. Makanya selain tes tertulis, akan ada tes wawancara untuk mengetahui kecakapan dalam memimpin masyarakat. Bagitu pula dengan kemampuan Lurah memberikan sambutan untuk menyampaikan kepada masyarakat akan program-program pemerintah kota,”jelas birokrat bersahaja tersebut.

Lanjutnya, seleksi terbuka Lurah yang dilakukan Pemkot Manado tidak ada kepentingan politik menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada). “Kalau saya ada kepentingan pribadi kenapa saya harus melakukan seleksi Lurah. Saya main tunjuk saja kalau ingin mengolkan kepentingan kedepan,”tandas Walikota GSVL.

Untuk itu, Walikota GSVL mengharapkan keseriusan calon Lurah dalam mengikuti semua tahapan pembekalan yang diberikan oleh tim seleksi.

Dia pun menegaskan Tim Seleksi Lurah merupakan orang-orang yang memiliki kredibilitas dan kompetensi sesuai dengan aturan. Mereka terdiri dari akademisi, kalangan profesional serta pejabat yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat di Kelurahan. “Tim seleksi Lurah mereka ini sangat berkompeten dan bersentuhan langsung dengan pemerintahan dan kemasyarakatan. Seperti halnya Dinas Kebersihan kaitan dengan Kebersihan, BPMPK kaitan dnegna Program PBL, Dinas Capil kaitan dengan Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan kaitan dengan Universal Coverage serta program lainnya,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*