Selasa, 19 November 2019

K3 di Perusahan Jadi Prioritas Pengawasan Dinsoskertrans Minsel

Minsel

Jefrey Prang

AMURANG, (manadoterkini.com) – Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsoskertrans) Minsel mulai efektifkan pengawasan atas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berakibat banyaknya kasus pelanggaran ketenagakerjaan oleh perusahaan. Menurut Kepala Dinsoskertrans Minsel Drs Jeffry Prang, pengawasan K3 ini dilakukan kepada 345 perusahan yang terdaftar di Pemkab Minsel.

Prang sendiri mengakui, banyaknya investor yang masuk di Minsel sangat berpengaruh terhadap angka penganguran, kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi. “Namun lepas dari itu semua, pengawasan terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja pegawai tetap menjadi prioritas kami. Ini juga menghindari adanya perusahan-perusahan yang nakal dan tidak mengutamakan apa yang menjadi hak dari pegawainya,” ungkap Prang.

Lebih lanjut, Jeffry mengatakan, pengawasan akan dilakukan secara rutin dari bulan January hingga Februari 2015. “Untuk kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahan sesuai UU No 1 Tahun 1970 tentang K3. Perusahan yang mempekerjakan lebih dari 10 orang adalah, menyiapkan alat kelengkapan kerja, UMP disesuaikan dengan standart yang ditetapkan Rp 2.150.000, wajib ikut sertakan BPJS ( Diatur dalam undang-undang nomor 24 tahun 2011, tentang BPJS),” jelasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*