Jum'at, 22 November 2019

Walikota Tomohon Letakan Batu Perbaikan Irigasi di Taratara

tomohon

Walikota Tomohon Jimmy Eman letakan batu pertama perbaikan irigasi

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Pemerintah kota Tomohon melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan jajaran Dandim 1302 Minahasa menggelar kegiatan pencanangan gerakan perbaikan irigasi. Kegiatan tersebut sekaligus peletakan batu pertama irigasi yang dilaksanakan di kompleks persawahan katuanaan Taratara kecamatan Tomohon Utara, Kamis (22/1) siang tadi.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, dalam rangka mewujudkan swasembada pangan tahun 2017 pemerintah kota Tomohon berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah pusat. “Hal ini kita lakukan untuk menunjang program pemerintah pusat, tentunya dengan fasilitas persawahan seperti saluran irigasi ini tentunya akan membantu sekaligus memberikan motivasi bagi para petani dalam rangka megembangkan pengasilan para petani,” ujarnya.

Eman memjelaskan dengan luas keseluruhan persawahan di Kota Tomohon akan menjadi suatu daya dorong bagi para petani dalam mewujudkan swasembada pangan. “Tingkatkanlah daya kerja untuk mewujudkan hasil yang melimpah dengan berusaha bersama-sama dalam menyukseskan program pemerintah dengan cara mengolah dengan baik persawahan yang ada,” harpanya.

Dalam kegiatan tersebut Walikota meletakan batu pertama pembangunan irigasi yang dirangkaikan dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Sintje Pandelaki Ngantung selaku ketua BPMJ Imanuel Taratara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP3) Tomohon Ir Ervinz D H Liuw Msi, mengatakan saat ini pemerintah pusat melalui kementerian pertanian RI untuk sementara telah memberikan bantuan perbaikan irigasi kira-kira 200 hektar. Walaupun sebenarnya luas persawahan seluruhnya di Tomohon berkisar 800 hektar lebih. “Tentunya dengan adanya bantuan ini akan sangat membantu fasilitas pengairan persawahan bagi para petani persawahan,” kata Liuw.

Dandim 1302 Minahasa Letkol Kaveleri Teguh Hari Susanto menuturkan pihak TNI saat ini disetiap daerah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk bekerjasama dalam mewujudakan swasembada pangan di Indonesia tiga tahun kedepan termasuk di Kota Tomohon. Bahkan dikatakannya pihaknya saat ini sementara dan telah melati para anngota TNI untuk terlibat dalam mengolah pertanian persawahan yakni dengan bekerja sama dengan para penyulu dan pelaku pertanian persawahan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Tomohon Kapten inf Veky Welang, BPTP provinsi Sulut DR Ir Abdul Wahid, anggota DPRD Frets Keles, ST, Mariah Pijoh, Camat Tomohon barat Siske Wongkar SPd, Lurah Taratara Rompis Osak Sp, serta kelompok-kelompok tani yang ada di Kota Tomohon.(efd)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*