Selasa, 12 November 2019

Pencalonan, Pelantikan dan Pemberhentian Kumtua di Minsel Segera Diperdakan

amurang

Tetty Paruntu

AMURANG, (manadoterkini.com)-Setelah Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa diberlakukan dan dijabarkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014. Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) langsung menindak lanjuti dengan pengusulan Paraturan Daerah (Perda) tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pelantikan dan pemberhentian hukum tua (Kumtua) antar waktu.
Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Kepala Bagian Hukm (Kabag Hukum) Chairul Johanis SH MH mengatakan, usulan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pelantikan dan pemberhentian hukum tua antar waktu sementara dalam proses penyusunan dan akan segera dimasukan ke DPRD Minsel untuk diperdakan. ” Ranperda ini akan segera dibahas ditingkat DPRD,” ujarnya.
Ditambahkan ada juga Ranperda yang disesuaikan dengan undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 yaitu, Ranperda tentang pedoman penyusunan organisasi tata kerja pemerintah desa, tatacara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Selanjutnya Ranperda tentang alokasi dana desa, Ranperda tentang lembaga kemasyarakatan dan lembaga desa, serta Ranperda tentang pembangunan desa, pembangunan kawasan pedesaan dan partisipatif masyarakat desa. ” Lima ranperda tersebut sudah masuk dalam daftar usulan saat Rapat kerja daerah (Rakerda) dalam program pembentukan Perda pada tahun ini,” ujarnya.(dav)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*