Senin, 18 November 2019

Minsel Bersyukur dan Membangun

Jajaran Pemerintah dan Masyarakat

Kabupaten Minahasa Selatan

Mengucapkan

Selamat HUT ke-12

Kabupaten Minahasa Selatan

(27 Januari 2003 – 27 Januari 2015)
amurang

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE

minsel, rindengan

Sekda Minsel Drs Danny Rindengan

 

‘Minsel Bersyukur dan Membangun’

Dengan Semangat Hari Jadi ke 12 Kabupaten Minahasa Selatan, Kita Lanjutkan Kebersamaan Dalam Pembangunan Menuju Minahasa Selatan Berdikaricepat

Kabupaten Minahasa Selatan genap berusia 12 tahun (27 Januari 2003 – 27 Januari 2015-red). Diusia yang ke 12 ini semua warga yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengaku bila pembangunan di Kabupaten Minsel berkembang pesat, ini tidak lepas dari kepemimpinan bupati peraih srjumlah pengahargaan dari Pemerintah Pusat serta mantan Presiden SBY dan Presiden Joko Widodo yakni Christiany Eugenia Paruntu SE.

minsel

Tetty terima penghargaan Presiden melalui Menteri Kehutanan

Menurut warga Ditangan Tetty, Minsel seperti disulap menjadi Kabupaten yang patut diperhitungkan di Sulawesi Utara, bila dibanding dengan Kabupaten/Kota lainnya. Bukan hanya itu, ditangan Tetty sapaan akrab istri Kristovorus Deky Palinggi, berbagai prestasi fenomenal diukir.

Salah satunya adalah, bupati pertama di Sulut yang menerima penghargaan Presiden RI Joko Widodo dalam lomba penanaman satu miliar pohon tingkat Nasional.

Selain mengukir sejumlah prestasi, Tetty juga dianggap sobagai sosok pemimpin perempuan yang patut mendapatkan ajungan jempol dan apresiasi. Pasalnya dibawah kepemimpinannya pembangunan infrstruktur berkembang pesat.

solo

Pembangunan infras­tuktur yang dilakukan Tetty dimulai dari desa, kecamatan sampai kota. Un­tuk pembangunan di desa, telah tersedia alokasi dana desa (ADD) untuk desa dan kelu­rahan. Tiap tahunnya masing-masing desa kecipratan sekira Rp 50-60 juta. Selain ADD, Tetty juga berjuang di pusat sehingga pemerintah desa boleh men­dapatkan dana Program Perce­patan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) sebesar Rp250 juta per desa (2013-red). Belum lagi dana Program Nasional Pember­dayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) serta Program Nasional Pember­dayaan Masyarakat Integrasi.

jakarta

Bupati Tetty saat menerima penghargaan dari Presiden SBY

Pada tingkat kecamatan ada progam pembangunan infrastuktur yang diberi nama IKK (Ibu Kota Kecamatan). Setiap tahun 17 kecamatan di Minsel mendapatkan alokasi anggaran untuk perbaikan ruas jalan ibu kota kecamatan. Dan tahun 2015 ini, tiap kecamatan bakal mendapatkan dana sebesar Rp1 miliar. Dengan sederet program tersebut, tak mengherankan saat mengunjungi Minsel akan tampak sekali peruba­han, dimana hampir sebagian besar jalan sudah disapal. Se­lang empat tahun memimpin, panjang ruas jalan kabupaten yang sudah diaspal Hotmix mencapai 71.385 meter, lapen 30.072 meter dan pengerasan jalan sepanjang 9.890 me­ter. Ada 22 meter jembatan yang dibangun dan 567 meter irigasi yang sementara diguna­kan petani.

Bupati saat memasang lilin HUT Minsel ke 12

Bupati saat memasang lilin HUT Minsel ke 12

Lebih hebat lagi bila kita melihat ibu kota Kabupaten Minsel. Kalau dulu sepanjang ruas jalan Trans Sulawesi mulai dari Tumpaan sam­pai Amurang hanya tampak rumah-rumah penduduk, saat ini telah berdiri sejumlah pusat perbelanjaan bahkan bangu­nan mewah seperti halnya hotel dan gedung pemerintah.

Ruas jalan yang dahulu hanya bisa dilalui dua kend­araan, saat ini telah diperlebar dan sudah bisa dilalui empat kendaraan. Bukan itu saja, untuk mengantisipasi kemac­etan di Amurang, Tetty telah membangun tanggul penga­man pantai yang akan dijadi­kan ruas jalan Boulevard dari Amurang hingga Tumpaan.

minsel

Rapat Paripurna Istimewa HUT Minsel ke 12

Selain membangun ruas jalan, Tetty juga mampu mey­akinkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, sehingga di­alokasikannya anggaran un­tuk lanjutan pembangunan pelabuhan Amurang, terminal penumpang dan juga gudang. Belum lagi lanjutan pem­bangunan pelabuhan peri­kanan dan pelabuhan penye­berangan yang semuanya mulai digunakan dan mem­buat perputaran roda pereko­nomian berkembang.

amurang

Sambutan Bupati Christiany Eugenia Paruntu

Paling hebat dari semuan­ya yang dilakukan adalah kemampuan Tetty meyakin­kan pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Perhubungan, sehingga Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) dapat dibangun di Minsel dengan rencana ang­garan kurang lebih Rp 600 miliar. Memang untuk tahap pertama anggaran yang di­kucurkan pemerintah baru mencapai sekira Rp 93 miliar. Saat ini pembangunan BP2IP sementara dikerjakan.

Wajar saja bila masyarakat Minsel menaruh harapan tinggi di pundak Tetty, sambil ber­harap apa yang sudah dimulai ini bisa terus dilanjutkan pem­bangunannya sehingga Minsel benar-benar menjadi pusat industri, perdagangan dan pere­konomian di Sulawesi Utara.

amurang

Bupati foto bersama Forkopimda

Menurut salah satu gen­erasi muda Minsel Frangky Mamengko, mimpi untuk men­jadikan Minsel sebagai pusat industri, perdagangan dan perekonomian bisa terwujud asal didukung dengan infras­truktur yang memadai, apalagi Minsel merupakan jalur trans Sulawesi yang letaknya sangat srategis dibanding Kabupaten Kota lainnya di Sulut.” Tetty sudah memberikan bukti dan bukan janji,” ujarnya.(adv/dav)

 

 

minsel
Drs. Ben BT Watung, M.Si
Asisten I Pemkab Minsel
minsel

Ir Farry Liwe
Asisten II Pemkab Minsel

minsel

Drs James Tombokan
Asisten III Pemkab Minsel

 

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*