Senin, 18 November 2019

Langkah Maju Lobi GSVL, Bantuan Bencana Pusat Ditata di APBN-P

manado

Walikota GSVL bersama Bappeda, BPBD Manado dan Kadis PU Manado follow-up bantuan bencana di BNPB

MANADO, (manadoterkini.com) – Komitmen perjuangan Walikota GS Vicky Lumentut, untuk terus memperjuangkan realisasi bantuan bencana dari Pemerintah Pusat akhirnya mendapat titik terang. Dimana dalam waktu dekat bantuan bagi rumah yang hanyut, rusak berat dan rusak sedang akibat terjangan banjir bandang dan tanah longsor pada Januari 2014 silam segera direalisasikan.

“Bantuan untuk korban bencana banjir bandang 15 Januari 2014 yang lalu dipastikan turun dalam waktu dekat. Peraturan Pemerintahnya sedang dalam perampungan. PP ini mengatur tentang dana bantuan bencana yang tidak lagi dikategorikan sebagai dana Bansos tetapi akan dikategorikan sebagai dana Rehabilitasi dan Rekonstruksi atau Dana RR, sehingga proses pengucuran dananya tidak lagi akan melalui sistem birokrasi yang panjang dan memakan waktu lama,” ujar Deputi RR BNPB Ir. Harmensyah di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, kelengkapan dokumen sebagaimana dimaksud Deputi Direktur RR adalah Rencana Aksi (Renaksi) Manajemen Penanggulangan Bencana yang baru, yang mengatur antara lain pembagian kewenangan penanganan bencana antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, terutama mengenai mekanisme pengucuran dana RR yg harus lebih cepat dan tepat menurut tahapan pra, bencana, hingga pasca bencana. Karena setiap tahapan ada lex spesialisnya (ada kekhususannya) sehingga penanganan atau perlakuan terhadap masing-masing tahapan pasti berbeda.

“Kedatangan kami kali ini menerima kabar baik dari BNPB, dan akan meneruskan kabar baik ini pada masyarakat kota Manado yang menjadi korban bencana. Setibanya di Manado, kami akan semakin intens berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi guna memastikan penyiapan lahan relokasi warga korban bencana yang terletak di Kecamatan Bunaken,”ujar Walikota yang didampingi Kaban Bappeda Peter Assa, Kadis PU Roy Mamahit dan Kaban BPBD Max Tatahede. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*