Senin, 11 November 2019

Pemkot Tomohon Kembangkan Kota Bunga Kota Pariwisata

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Lima Kelurahan Sebagai Tempat Wisata Potensi pariwisata Kota Tomohon begitu memikat dan menjadi primadona bagi wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara. Hal ini terlihat dari data kunjungan wisatawan yang berkunjung mengalami kenaikan yang signifikan. Seperti kunjungan Wisman tahun 2014 mencapai 14.023 dan Wisnu132.102 orang, naik jauh melebihi kunjungan sebelumnya.

Kota Tomohon yang juga terkenal dengan Kota Lima Dimensi di Sulawesi Utara yang salah satu dimensi yaitu Kota Pariwisata seiring dengan prioritas pariwisata dan kebudayaan yang sesuai visi Rencana Pembanguanan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yakni Kota Pariwisata yang Mendunia Tahun 2031. Dengan strategi yang diterapkan yakni dengan memberdayakan, mengoptimalkan dan menggerakkan pencapaian visi RPJPD.

Melalui iven utama sebagai penggerak utama yaitu Tomohon International Flower Festiva (TIFF) 2015. Selanjutnya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata RI sejak 2012 lalu, telah menetapkan lima kelurahan sebagai kelurahan yang menjadi tujuan wisata kata Kadis Pariwisata Kota Tomohon Drs.Gererdus Mogi. Untuk lima kelurahan yang telah ditetapkan sebagai kelurahan wisata karena dianggap mempunyai persyaratan serta keunikan tersendiri. Yaitu pertama Kelurahan Rurukan di Kecamatan Tomohon Timur yang terkenal dengan panorama alam dan Gunung Mahawu,Bukit Temboan dan Puncak Tintingon. Dari kedua puncak gunung ini kita dapat melihat Kawah gunung api mahawu dan Lokon, pemandangan indah pulau Bunaken,Siladen dan pulau-pulau sekitarnya, Kota Manado serta Danau Tondano dan hamparan pertanian yang sejuk.

Kedua Di Kecamatan Tomohon Utara yakni Kelurahan Kakaskasen II dan Kelurahan Kinilow yang terkenal dengan perkampungan bunga dengan gunung api lokon yang terkenal dengan jalur pendakian yang spektakuler serta keaktifannya dengan fasilitas penginapan yang asri di sekitarnya. Dan ketiga Kelurahan Kinilow dengan anyaman bamboo dan fasilitas penginapan yang memadai, tenang dan exotis. Serta Kelurahan Pinaras dan Lahendong di Kecamatan Tomohon Selatan yang menyajikan destinasi wisata air panas dan air terjun yang unik dimana anda dapat berdiri di titik dimana air terjun jatuh. Di Lahendong keunikan warna air di Danau Linow yang airnya berwarna, mengandung belerang dan memiliki beragam flora dan fauna yang unik dan menarik dengan hamparan sawah dan sumber air yang mendidih diiringi hawa udara yang sejuk dengan pemandangan yang indah.

Gerardus berharap dengan penetapan tempat-tempat wisata menarik ini, bisa memberikan dampak ganda bagi kegiatan ekonomi menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Mogi menambahkan bahwa pemerintah Kota Tomohon berupaya terus memperkenalkan potensi wisata yang dimilikinya ke berbagai negara luar, salah satunya melalui Tomohon International Flower Festival yang digelar setiap Agustus nanti.

Selain ke lima kelurahan tersebut ada beberapa kelurahan yang juga memiliki obyek wisata alam yang menarik seperti Kelurahan Tondangow dengan panas bumi dan bukit putih, Kelurahan Pagolombian dengan Danau Limaney, Kelurahan Woloan dengan rumah panggung, Kelurahan Kayawu dan taratara dengan pemandangan sawah dihiasi pepohonan kelapa dan alam sekitar.

Sebagai warga dan masyarakat Kota Tomohon tentu patut bersyukur atas karunia keindahan alam dan semua potensi yang ada dan telah diberikan Tuhan bagi kita sekalin. Patutlah kita terus mencintai Kota Tomohon sambil menjaga keindahan alam dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Memelihara infrastruktur penunjang yang telah ada dan terus mendukung program dan kegiatan pembanguanan yang dilaksanakan lanjut Kabag Humas & Protokol Steven Waworuntu,SSTP kepada awak media.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*