Senin, 18 November 2019

Peningkatan Kesejahteraan Jadi Perhatian Pemkot Manado

Tunjang Kebersihan Kota Manado, GSVL Serahkan 9 Unit Truk Sampah

UNTUK menunjang operasional penanganan kebersihan di Kota Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) menyerahkan sembilan unit kendaraan dump truck armada sampah. Penyerahan kendaraan tersebut dilakukan langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut, di lokasi pembangunan “Taman Berkat” kawasan lahan 16 persen PT Sulenco Boulevard Mall, jalan Piere Tendean Manado.

manado

Doa bersama Walikota GS Vicky Lumentut dengan petugas kebersihan

manado

Walikota semangati para petugas kebersihan di taman berkat

Dibawah terik matahari yang menyengat, Walikota mengajak jajaran Disbertam dan petugas kebersihan untuk mengoptimalkan serta memanfaatkan fasilitas yang ada untuk menjaga Kota Manado tetap bersih. “Tolong dijaga dan dirawat kendaraan ini. Anggap saja kendaraan ini sebagai rumah kedua, karena selain di rumah waktu bagi sopir kendaraan sampah juga banyak di lapangan,”ujar Walikota.

manado

Penyerahan 9 Unit Truk Sampah kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Lanjut dikatakan, kebutuhan armada sampah di Kota Manado menurut laporan Disbertam idealnya harus mencapai 90 unit. Sedangkan, sampai saat ini Manado baru memiliki 56 unit termasuk 9 unit yang baru diserahkan. “Yang 34 menjadi PR (pekerjaan rumah,red) bagi saya. Saya akan upayakan dengan berbagai cara, tidak hanya dianggarkan melalui APBD nemun akan minta bantuan kepada berbagai pihak untuk pengadaan armada pengangkut sampah,”kata GSVL, seraya menyatakan jika dirinya telah menitipkan pesan kepada anggota DPRD Sulawesi Utara Daerah Pemilihan (Dapil) Manado untuk minta tambahan armada sampah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Sementara, Kepala Disbertam Manado Julises Oehlers SH, dalam laporannya mengatakan sembilan unit kendaraan dump truck untuk pengangkutan sampah merupakan upaya pemerintah melalui dana APBD Kota Manado dalam pengadaan armada sampah. “Kita masih kurang armada sampah, sehingga dengan ketambahan sembilan unit truck sampah ini, akan menambah kekuatan kita untuk mengangkut sampah di Kota Manado,”tandas Oehlers.

Tampak hadir dalam penyerahan truck sampah tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Hendrik Warokka SPd DEA, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Xaverius Runtuwene SIP, Camat Sario Tresje Mokalu SPd, serta Ketua BKSAUA Manado Pdt Roy Lengkong STh.(***)

 

Petugas Kebersihan Mengaku Bangga dengan GSVL

APRESIASI yang tinggi diberikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut bagi petugas kebersihan yang ada di Kota Manado dengan ikut memperhatikan peningkatan kesejahteraan mereka.

manado

Walikota akrab dengan buruh sampah

Saat bertemu puluhan buruh sampah di lokasi pembangunan “Taman Berkat” Godbless Park, areal lahan 16 persen PT Sulenco boulevard, Walikota berjanji bakal menaikan upah petugas kebersihan dari Rp2 juta menjadi Rp2.250.000 atau jika dana mencukupi bisa mencapai Rp2,5 juta. “Saya akan upayakan adanya peningkatan kesejahteraan buruh sampah. Kenaikan upah bisa mencapai 2.250.000 atau 2.500.000. Tapi belum sekarang bersabar dulu, karena harus ditata dalam APBD Perubahan,”tukas GSVL, sapaan akrab Walikota.

Orang nomor satu di Manado itu berharap, petugas kebersihan harus bekerja maksimal menjadikan Kota Manado semakin bersih dan baik. Apalagi, tahun 2015 ini Manado menargetkan untuk meraih Adipura Kencana. “Saya ajak petugas kebersihan untuk lebih semangat dalam bekerja. Mari kita jaga Kota Manado ini menjadi kota yang bersih dan semakin baik kedepan. Sekarang ini, kita sedang dalam tahapan penilaian Adipura. Kita tekadkan bersama untuk bisa meraih Adipura Kencana tahun ini,”tukas GSVL, seraya meneriakan yel-yel dengan kata ‘Manado’, yang dijawab petugas kebersihan dengan kata ‘Bersih’.

manado

yel..yel… petugas kebersihan dipandu Walikota GSVL

Sementara, beberapa petugas kebersihan yang ditemui mengaku sangat bangga dengan sepak terjang Walikota yang dinilai sangat memperhatikan kesejahteraan mereka. Olehnya, mereka bertekad untuk membantu Pemkot Manado dalam menjaga Manado tetap bersih setiap saat. “Torang pe Walikota Lumentut sangat baik dan selalu memperhatikan kami. Tentunya, torang akan dukung dan laksanakan permintaan Walikota untuk menjaga Kota Manado jadi bersih. Manado harus bersih dari sampah,”kata Ibu Lidya, petugas kebersihan yang ditemui di lokasi penyerahan sembilan truck sampah di Taman Berkat boulevard, kemarin.

Hal senada dikatakan Meike dan Vonny, dua petugas kebersihan. “Sudah menjadi torang pe tugas untuk membersihkan dan mengangkat sampah di jalan, karena torang digaji oleh Pemerintah Kota Manado,”ujar keduanya, seraya mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kalo buang sampah, di tempat sampah yang pemerintah siapkan,”pungkas mereka.(***)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*