Sabtu, 4 April 2020

Safari Tulude Walikota Manado di Tiga Tempat Berbeda

GSVL : Budaya Pesta Adat Tulude Harus Dipertahankan

manado

Penyerahan benderah dari kue tamo

MANADO, (manadoterkini.com) – Pesta adat warga Manado asal Nusa Utara (Tulude), kini telah menjadi event tahunan Pemkot Manado melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Dimana Pesta Tulude ini, guna menyambut Tahun Baru 2015 dan mendoakan agar sepanjang Tahun Baru ini boleh dijauhkan dari segala macam bentuk bencana.

Akan hal itu Walikota Manado,DR,GS Vicky Lumentut berharap, agar pesta adat tulude Itu harus dipertahankan dan terus galih potensi dan kebudayaannya.”Hajatan pesta adat tulude warga Nusa Utara ini, sama halnya dengan nuansa religi. Untuk itu harus terus di pertahankan dan digalih potensi kebudayaannya,”ungkap GSVL sapaan akrab Walikota Manado,saat menghadiri acara Tulude di Pulau Siladen, Minggu (1/2).

Ditambahkan Walikota GSVL, agar dengan adanya pesta tulude ini, kiranya bisa menghadirkan dan terjalin Kerukunan dan kebersamaan antar sesama warga. Dikatakan GSVL, warga yang tinggal di Manado adalah orang-orang yang berasal dari berbagai macam Daerah, yang ada di luar Kota Manado. Dicontohkan Lumentut, kalau ada orang Sanger atau Jawa yang tinggal di Manado, itu berarti orang Manado asal Sanger atau orang Manado asal Jawa. Tidak ada lagi yang bilang,orang sanger atau orang jawa yang tinggal di manado.

“Untuk itu wajib hukumnya, kalau semua warga yang tinggal di Manado untuk menjaga kemanan serta bersama-sama membangun Kota Manado, agar semakin lebeh bae lagi,”pungkas Walikota pertama pilihan rakyat Manado GS Vicky Lumentut, seraya mengucapkan Selamat merayakan Pesta Adat Tulude bagi warga Nusa Utara di Pulau Siladen.

Usai hadir acara pesta adat Tulude di Pulau Siladen, Walikota GS Vicky Lumentut didampingi isterinya tercinta,Prof,Ny, Paula Lumentut-Runtuwene dan beberapa Kepala SKPD Pemkot Manado, melanjutkan Safari Tulude di Pulau Bunaken.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*