Perketat Poin Perda Pilhut, Lelemboto : Jabatan Kumtua Bukan Budel

minsel

Franky J Lelengboto ST
Wakil Ketua DPRD MInsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Dalam waktu dekat ini Pemkab Minsel melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) akan memasukan draf perda pemilihan hukum tua (kumtua) ke DPRD Minsel. Jelang dimasukannya draf ini, Wakil Ketua DPRD Minsel Frangky Lelemboto ST, kepada wartawan berjanji akan secara ketat untuk membahas poin-poin dalam perda pemilihan kumtua.

“Fenomena yang terjadi, bila kumtua tidak bisa lagi mencalonkan diri, karena sudah dua periode menjabat, biasanya diturunkan ke istri maupun anak mereka. Kedepan ini tidak bisa lagi dan kita DPRD Minsel akan sangat ketat dalam pembahasan ranperda pilhut yang akan diajukan, termasuk syarat untuk maju sebagai kumtua,” ujar Lelemboto.

Ditambahkannya, jabatan kumtua bukan budel yang bisa diturunkan kepada istri, anak maupun keluarga dekat.

Hal senada dikatakan Generasi Muda Minsel Ronald Onibala. Menurutnya, saat ini banyak Desa di Minsel yang bila suaminya sudah tidak bisa mencalonkan diri sebagai kumtua, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin agar pada pemilihan kumtua, istri maupun anaknya terpilih. “Saya rasa memang ini perlu dibenahi,”katanya.(dav)

DPRD Minsel Frangky Lelengboto Perda Pilhut Pilhut Minsel

Posting Terkait

Tinggalkan pesan