Sabtu, 4 April 2020

Pemkab Anggarkan 10 Miliar Untuk Penghijauan Hutan di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Meskipun sudah dinobatkan dan telah menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai juara satu tingkat Kabupaten/Kota dalam menanam satu miliar pohon. Rupanya Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE belum juga puas untuk menghijaukan kawasan hutan yang ada di Wilayah Minsel.

Buktinya, tahun 2015 ini Pemkab Minsel melalui Bupati telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 Miliar untuk penghijauan disejumlah kawasan hutan yang ada di Minsel khususnya dihutan yang rawan terjadi penebangan secara liar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, seperti hutan Lolombulan, Liandok, sinonsayang dan hutan lainnya.

Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini kepada sejumlah wartawan mengungkapkan anggaran tersebut digunakan untuk menanam berbagai jenis pohon seperti pohon gaharu, cempaka, gabon, sengon, nantu, dan jenis tanaman kayu lainnya.

” Tidak hanya dikawasan hutan, akan tetapi semua jenis pohon yang memberikan nilai ekonomis ke masyarakat akan diberikan kepada warga untuk di tanam di area perkebunan milik mereka. Ini bertujuan agar 5 sampai 10 tahun kedepan masyarakat bisa menikmakti hasil yang diperoleh dari kayu yang mereka tanam,” ujar Tetty.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Kehutanan Minsel Ir Frans Tilaar mengungkapkan untuk tahun 2015 ini, bupati akan fokus melakukan penghijauan dilokasi kawasan hutan dan area perkebunan warga.

” Tidak hanya kayu akan tetapi pada tahun 2015 ini juga pemkab akan menyebarkan bibit pohon matoa kepada seluruh warga untuk ditanam dan ini akan menjadi ciri khas Minsel kedepan,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*