Minggu, 29 Maret 2020

BMKG Sulut Rilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrim

MANADO, (manadoterkini.com) – Badan Meteorologi dan Geofisika merilis peringatan dini cuaca ekstrim tertanggal 4 February 2015 – 6 February 2015. Prakirawan BMKG Sulut Nurhadi yang dikonfirmasi menyebutkan, adanya pertemuan angin memanjang di perairan Utara NTT hingga laut Arafuru dan konvergensi/perlambatan kecepatan angin memanjang di Selat Karimata hingga Laut Jawa, Sulawesi Utara hingga Maluku dan perairan Utara Maluku Utara hingga Papua Barat, serta kelembaban udara cukup tinggi di sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Tengah, dan Papua hingga kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di sebagian besar wilayah Indonesia.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait dengan cuaca yang sedang terjadi yakni, gelombang laut sedang sampai tinggi (3,0 m s/d 5,0 m) dan Alun sedang ( 2 m s/d 4 m ) dapat terjadi di; Laut Cina Selatan, Perairan Kep. Riau Bagian Timur, Perairan Kep. Lingga, Perairan Utara Pangkal Pinang, Perairan Kep. Anambas, Perairan Kep. Natuna, Laut Natuna, Selat Karimata Bagian Utara, dan Perairan Bagian Utara Sulawesi, Laut Sulawesi Bagian Timur, Perairan Bitung-manado, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, Perairan Kep. Sangihe-Talaud, Perairan Barat dan Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Halmahera, Laut Halmahera Samudera Pasifik Utara Papua-Barat, Perairan Raja Ampat-Sorong, Perairan Manokwari, Perairan Biak dan Perairan Jayapura-Sarmi.

“Hujan masih akan terjadi mulai Rabu hingga besok Kamis (hari ini) dengan intensitas hujan ringan dan sedang. Tapi kami himbau untuk waspada bagi warga yang tinggal di bantaran sungai serta yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor. Khusus para nelayan dan kapal yang dinyatakan dalam peringatan dini untuk bisa menahan diri tidak melaut,” ungkapnya.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*